Berita

Diskusi Ilmiah: Sejarah Sebagai Benteng Akidah

Munculnya berbagai macam aliran-aliran yang menyimpang dalam Islam, banyak yang asal-usulnya berangkat dari penyimpangan sejarah yang dimanipulasi. Sebut saja aliran Syiah, Wahabi, dan aliran lain yang menyimpang dari mainstrem Ahlussunnah wal Jammah.

Karenanya, Organisasi Murid Intra Madrasah (OMIM) Madrasah Miftahul Ulum Aliyah lewat Unit Kegiatan Pengembangan Intelektual (UKPI) mengadakan diskusi ilmiah dengan tema, “Sejarah Sebagai Benteng Akidah” Rabu (13/11).  Acara yang dihadiri oleh semua murid tingkat Aliyah ini bertempat di Kantor Sekretariat PPS lt. III dan menghadirkan Ust. Idrus Ramli, alumni Pondok Pesantren Sidogiri asal Jember.

Dalam presentasinya, Ust. Idrus Ramli banyak memaparkan data penyimpangan sejarah yang dilakukan oleh aliran Wahabi dan Syiah. Kedua aliran ini kerap melakukan distorsi sejarah untuk melegitimasi ajaran-ajaran sesatnya. Tidak lupa Ust. Idrus Ramli mewanti-wanti sekitar 300 murid Aliyah yang hadir untuk lebih melek sejarah dan mempelajarinya dengan baik melalui kitab-kitab sejarah yang otoritatif.   

 “Kalau kita tidak mengetahui sejarah maka akidah kita akan mudah goyah. Bahkan kita akan larut dalam sejarah yang dibuat-dibuat itu,” tutur beliau.

==

Penulis: M. Saifuddin Ali
Editor: Zainuddin Rusdy

Shares:
Show Comments (0)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *