OMIM Gelar Lomba Presentasi Nadzam Kitab Zubad

share to

dalamm

Salah satu peserta delegasi dari kelas III Dakwah sedang mempresentasikan nadzam Zubad

Organisasi Murid Intra Madrasah (OMIM) melalui unit kegiatan Pengembangan Bakat dan Minat (UKPBM), menyelenggarakan lomba presentasi nadzam Zubad, Jumat (14/02). Peserta dari lomba yang baru pertama kali digelar di PPS ini adalah delegasi dari masing-masing kelas di tingkat MMU Aliyah. Setiap kelas berhak mengirimkan dua delegasi terbaiknya untuk mengikuti lomba bergengsi ini. Menurut panitia acara, jumlah peserta yang hadir hanya sekitar 9 delegasi dari 16 kelas di tingkat Aliyah.

Acara ini diletakkan di timur Kantor MQS (Metode Qur’ani Sidogiri) dengan menghadirkan Ust. Rokib Saki, salah satu guru MMU Aliyah, sebagai dewan juri.

Ada dua babak dalam lomba presentasi nadzam Zubad ini. Babak pertama dewan juri menanyakan salah satu nadzam Zubad mulai dari bab ba’i sampai bab wadi’ah, kemudian peserta mempresentasikan sesuai nadzam yang telah ditentukan. Di babak pertama ini dewan juri menggugurkan peserta lomba yang presentasinya dianggap kurang baik.

Di babak kedua peserta menjawab pertanyaan dewan juri dengan secepat mungkin. Keluar sebagai juara di lomba presentasi Zubad ini adalah delegasi dari kelas III Tarbiyah, Muhammad Subhan dan Imam Syafi’i. Dalam lomba ini peserta diperbolehkan melengkapi presentasinya dengan pemahaman-pemahaman fikih sesuai dengan kitab-kitab mu’tabarah.

“Saya sangat senang sekali dengan adanya model lomba seperti ini, sangat menantang sekali. Saya berharap lomba seperti ini terus digelar, agar murid MMU Aliyah bisa terus meningkatkan kualitas ilmu fiqihnya,” ungkap Muhammad Subhan, santri asal Pamekasan yang menjadi juara pertama di acara ini.

Sebagai dewan juri Ust. Rokib berharap kepada panitia agar menjadikan lomba ini sebagai kegiatan tahunan yang tentunya dengan konsep yang lebih menantang.”Lomba ini bagus. Kalau bisa lomba ini diagendakan tiap tahunnya,” ungkap pria yang menjadi wali kelas II Tafsir di tinkat Aliyah ini.

==
Penulis: M. Saifuddin Ali
Editor: Zainuddin Rusdy

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net