Bedah Kitab Badai’ as-Shanai’ sebagai Jawaban atas Kemuskilan Ilmu Nahwu

share to
IMG_3869 (FILEminimizer)h  Forum Kajian (FK) Adab, sebagai solusi rujukan mudah atas maraknya lafad-lafad asing dalam kitab kuning.

Suasana bedah kitab Badai’ as-Shanai’ di Aula Kantor Sekretariat Lt. III

Malam Kamis (27/01) kemarin, instansi Kuliah Syariah Pondok Pesantren Sidogiri melalui Lembaga Penelitian dan Studi Islam (LPSI), menggelar acara bedah kitab Badâi’ as-Shanâî’ di Aula Kantor Sekretariat Lt. III.

Kitab Badâi’ as-Shanâî’ adalah kitab Nahwu atau gramatika Arab yang menjelaskan kalimat-kalimat asing yang jarang ditemukan padanan hukumnya. Kitab ini ditulis oleh Tim Forum Kajian Adab di LPSI dan diterbitkan oleh Pustaka Sidogiri.

Acara ini hanya diikuti oleh sekitar 150-an santri. Hal ini dapat dimaklumi karena acara bedah kitab ini berbenturan dengan berbagai kegiatan yang dilaksanakan pada waktu yang bersamaan. Terlebih, acara yang semestinya dijadwalkan pada malam Senin (24/01) tersebut harus dioperalihkan pada malam Kamis (27/01) karena padatnya acara. “Karena ada suatu hal, maka jadwal yang mestinya malam Senin diundur pada malam ini (Kamis, red),” Kata Ust. Muhammad Musleh Misbah, Ketua Kuliyah Syariah, dalam sambutannya.

Meski demikian, acara bedah kitab yang dinarasumberi oleh Ust. Musyaffak Siraj, mantan Ketua FK Adab, ini disambut antusias oleh peserta. Beliau memaparkan segi nahwiyah dari berbagai kata-kata asing yang jarang ditemukan di kitab-kitab, nadzam-nadzam dan al-Quran.

Selain itu, sebagai informasi tambahan, Kuliah Syariah akan menerbitkan buku Santri Salaf Menjawab jilid III dan buku mengenai Tafsir al-Quran yang sesuai Ahlusunnah wal Jamaah. Hal ini didasari oleh mulai maraknya tafsir ala Syiah dan Wahabi yang meresahkan masyarakat. Di dalamnya juga akan dibahas tafsir ala dua aliran menyimpang tersebut.

——————————————
Penulis  : N. Shalihin Damiri
Editor    : Zainuddin Rusdy

 

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net