Habib Segaf bin Hasan Baharun: Pendidikan Pesantren adalah Metode Pendidikan Paling Efektif

share to
Khidmad: Segenap Staf Pengajar Madrasah Miftahul Ulum menyimak pemaparan Habib Segaf bin Hasan Baharun

Khidmad: Segenap Staf Pengajar Madrasah Miftahul Ulum menyimak pemaparan Habib Segaf bin Hasan Baharun

Rabu malam (07/12), Ketua I yang menangani pendidikan di Pondok Pesantren Sidogiri mengadakan Kuliyah Umum untuk segenap staf pengajar Madrasah Miftahul Ulum di Aula Sekretariat Lt. III.

Kuliah Umum yang diikuti oleh sekitar seratus staf pengajar MMU ini mengangkat tema Metode Pembelajaran Efektif dengan mengundang narasumber al-Habib Segaf bin Hasan Baharun, Pengasuh Pondok Putri Darul Lughah Wad Dakwa Bangil.

Dalam pidatonya, Habib Segaf bin Hasan Baharun mengatakan, metode yang paling efektif dari berbagai metode yang ada adalah metode pendidikan yang dilaksanakan di pesantren. Karena menurutnya, pendidikan di pesantren ini mempunyai tujuan jelas dan dari sumber yang jelas pula.

“Sidogiri ini merupakan orangtuanya pesantren di Indonesia dalam membantu melahirkan generasi dan penerus perjuangan ulama salaf,” ungkapnya di hadapan staf pengajar MMU ini.

Ia melanjutkan, ilmu itu bagaikan pipa yang terus sambung sehingga mengalirkan air yang sangat dibutuhkan masyarakat luas. “Ilmu bukan milik kita. Ilmu itu milik orang lain. Kita tidak berhak menyimpannya ataupun mengambil upah darinya,” lanjut Habib Segaf bin Hasan Baharun.

Kemudian Habib Segaf bin Hasan Baharun menilai jika metode khalaf itu bermanfaat maka boleh dipadukan antara metode salaf dan khalaf dengan catatan-catatan tertentu.

Di akhir acara, Habib Segaf bin Hasan Baharun mempersilakan kepada staf pengajar MMU untuk sekadar berkonsultasi mengenai masalah pendidikan. Tercatat ada tiga penanya yang berkonsultasi terkait masalah pendidikan yang terjadi dalam KBM.

====
Penulis : Musaif Ali
Editor  : Muh. Kurdi Arifin

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net