Tingkatkan SDM Desa Binaan, LAZ Sidogiri Gelar Pelatihan Kuliner

share to

Antusias: Para ibu-ibu sangat antusias memperaktekan pemaparan dari Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan

Untuk meningkatkan SDM warga kurang mampu di Desa Oro-oro Bulu, Kecamatan Rembang, Kabupaten Pasuruan, LAZ Sidogiri menyelenggarakan pelatihan kuliner pada Ahad (19/02). Desa Oro-oro Bulu merupakan desa tertinggal binaan LAZ Sidogiri.
Para ibu-ibu diajak membuat olahan hasil laut dan air tawar seperti ikan lele, ikan tuna, udang, daging ayam beserta bumbu rempah-rempah menjadi makanan siap saji berupa abon lele, nugget daging ayam, samosa tuna dan spring roll.
“Mereka dilatih membuat kuliner menjadi produk makanan siap saji dan bernilai tinggi. Harapanya, hasil pelatihan ini dapat dikembangkan oleh setiap warga desa binaan menjadi usaha mandiri dan bernilai ekonomis sehingga meningkatkan taraf hidup mereka,” kata Abd. Wahid Syafi’I, Manager Program LAZ Sidogiri saat menyampaikan sambutaannya di depan pesarta pelatihan kuliner.
Farida Chasanah, SP dan Retvi Kusama Dewi, SPi dari Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan memberikan materi dan memandu para ibu-ibu membuat kuliner dengan empat menu tersebut. Indonesia memiliki ragam kekayaan kuliner yang melimpah dan tiada habisnya. Ragam kreativitas kuliner daerah menjadi salah satu potensi ekonomi kreatif.
“Dengan pelatihan kuliner untuk warga kurang mampu di desa binaan, LAZ Sidogiri telah membuka peluang bagi mereka untuk berinovasi,” ujar Farida Chasanah, SP.
Para ibu-ibu dibagi dalam empat kelompok, mereka sangat antusias mengikuti pelatihan hingga selesai. Diharapkan, dengan pelatihan kuliner ini para warga binaan bisa berinovasi dan mampu untuk mandiri.[]

===
Penulis : Ilham Akbar
Editor   : Muh Kurdi Arifin

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net