Mari Kembalikan Gairah Baca Kitab di Bumi Nusantara Bersama Al Miftah Lil Ulum

share to

Kitab Kuning adalah simbol tradisi intelektual Islam pesantren. Ia menjadi wahana penyebaran ajaran islam yang dirumuskan para Ulama Salafus Sholeh, kepada para pelajar masa kini. Adalah keniscayaan dan keistimewaan tersendiri bagi seorang santri bisa membaca teks kitab turast. Hampir bisa dikatakan tabu yang miris jika santri tidak mampu memahami kandungan yang tertera dalam kitab turast, karena didalamnya terangkup sumber pengetahuan islam yang merupakan suatu bidan disiplin ilmu yang harus dimiliki oleh seorang santri.

Namun –bagi sebagian kalangan– jangankan untuk memahami, hanya sekedar membacapun sudah ogah, lantaran teksnya yang tidak memiliki harakat sebagaimana Al Quran. Untuk bisa membaca kitab kuning berikut arti harfiah kalimat per kalimat agar bisa dipahami secara menyeluruh, dibutuhkan kecapakan dalam berbagai ilmu gramatikal arab; Nahwu dan Sorof.

Maka dari itu Al-Miftah Lil Ulum Sidogiri hadir sebagai solusi membendung kejumutan berpikir yang berdensi membuat jurang pemisah antara kalangan pelajar dari sumber aslinya (baca. kitab kuning). Padahal untuk menguasai teknik membaca kitab yang dikenal denngan sebutan kitab gundul ini tidaklah sesulit apa yang dibayangkan. Melain bisa sangat mudah mempelajarinya dengan metode “Cara Mudah Belajar Kitab Kuning ala Al Miftah Lil Ulum” ini asalkan dengan kesungguhan dan ketelatenan.

Al Miftah Lil Ulum merupakan sebuah perpaduan dari berbagai macam ilmu gramatika arab yang dipadukan menjadi metode yang mudah pratis, dan menyenangkan sangat cocok diajarkan kepada anak-anak. Dilengkapi dengan lagu-lagu dan nadham Alfiyah Ibnu Malik yang kemas secara kreatif, mudah dihafal dan diaplikasikan secara langsung.

Pada kesempatan ini, dalam menyambut bulan suci Ramadhan yang akan segera tiba, Madrasah Tarbiyah Idadiyah Pondok Pesantren Sidogiri kembali akan menyelenggarakan Training Al Miftah Lil Ulum dengan motto “Mengembalikan Gairah Baca Kitab di Bumi Nusantara” selama 22 hari yang dimulai pada 28 Sya’ban s.d 20 Ramadhan 1438 H, yang bertepatan pada tanggal 25 Mei s.d 15 Juni 2017 mendatang.

Training Al Miftah Lil Ulum ini dibagi menjadi dua format yaitu untuk pengajar dan pelajar. Bagi pelajar yang mengingikan dirinya bisa baca kitab; sedangkan pengajar bagi yang mampu membaca kitab dan ingin mempejari metode pengajaran yang nantinya bisa diterapkan di kampung halamannya sebagai bekal dalam  membumikan “Gairah Baca Kitab di Bumi Nusantara”.

Sekedar untuk diketahui Training ini, tidak hanya bisa diikuti oleh kaum bersarung, namun juga bisa diikuti oleh kalangan pelajar dan mahasiswa yang masih belum akrab dengan pengajaran kitab kuning. Bahkan bisa diikuti oleh remaja putri yang akan ditempatkan di asrama Banat VIII Pondok Pesantren Sidogiri. Hanya saja kuota peserta perempuan maksimal 220 peserta putri. Sementara untuk putra tanpa batas maksimal peserta.

Para peserta Training akan dibimbing oleh mentor-mentor yang kompeten, berpengalaman dan sudah memiliki sertifikat mengajar “Al Miftah Lil Ulum; Mudah Belajar Baca Kitab Ala Sidogiri. Untuk info lebih lanjut Anda bisa menghubungi contak person 0822 3320 8765 / 0822 3030 2001 a.n Muhairil Yusuf.[]

Cara Pendaftaran Via SMS / WA :
ketik: Daftar Spasi Nama Spasi Katagori Spasi Jumlah Spasi Alamat
Contoh: Daftar Amir Naib Pelajar 1 Yogjakarta.

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net