Bendera Raksasa dalam Pembukaan Milad Sidogiri 280, Bukti Cinta NKRI

share to

Nasionalisme: Bendera raksaa menyelimuti bagian barat gedung MMU As-Syuyuthi sebagai simbol nasionalisme dalam Milad Sidogiri 280

Acara Pembukaan Milad Pondok Pesantren Sidogiri ke-280 dan Ikhtibar MMU ke-81 yang digelar Rabu malam Kamis (14/08) kemarin memang telah usai. Namun, kemeriahan yang dirasakan tentu saja masih menjadi buah bibir yang tak akan mudah selesai. Hal itu disebabkan satu tampilan acara yang sangat menawan menampilkan jiwa nasionalisme santri. Pengibaran bendera raksasa yang menutupi besarnya Mabna as-Suyuthi dan terbentang hingga menyentuh tanah, sesaat setelah #MiladSidogiri280 diresmikan.

“Bendera ini begitu menjadi sorotan karena terjadi di pesantren yang memiliki nilai sejarah penting yang berhubungan dengan Kemerdekaan Indonesia,” ungkap salah satu penonton yang berasal dari luar kota.

Lebih jauh lagi, menurut penuturannya, adanya pengibaran bendera merah-putih berbentuk raksasa ini bisa semakin menguatkan opini di luar, bahwa Pondok pesantren Sidogiri memang benar-benar mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Mereka yang di luar pastinya akan bertanya-tanya. Seandainya Sidogiri tidak mencintai negeri ini, terus buat apa Sidogiri mengibarkan bendera sebesar itu di hari kelahirannya sendiri?,” ucap lelaki yang mengaku dari Surabaya tersebut, meneguhkan kalimatnya.

Bendera yang dikibarkan oleh 25 personil ini, memiliki tinggi 12 meter dan panjang 40 meter ini. Sementara pembuatannya dilakukan dalam waktu yang relatif  singkat yang dipesan khsus dari Surabaya untuk prosesi peresmian #MiladSidogiri280

“Kami hanya butuh waktu sekitar 3 hari untuk mempersipkan bendera ini,” ungkapnya, Anggota Seksi Acara, Mas. Zakariya Abd. Wahab.

“Awalnya kami memang mendengar isu-isu itu (pengibaran bendera raksasa), tapi kami terkejut saat melihatnya sendiri. Waaah besar sekali, bendera itu menutupi gedung as-Suyuthi,” seru salah satu santri yang berdomisili di Daerah E-09, yang tidak mau disebutkan namanya.

Satu hal lagi yang menambah acara ini semakin menawan adalah ligthing khusus bertuliskan tema Milad Sidogiri 280: Satu Mimpi Satu Barisan, yang disorot dari pentas utama yang ditampilkan sebelum bendera raksasa Indonesia diturunkan, mengejutkan penonton.[]

Penulis : Ali Imron
Editor  : Muh Kurdi Arifin

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net