Artikel

Terjadilah Apa yang Terjadi: Basmalah Vs Indomaret?

Logo: Logo Basmalah yang menggunakan motto “tempat belanja yang baik”

Indomaret milik pengusaha besar, sedangkan Toko Basmalah milik masyarakat yang tergabung dalam Koperasi Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan.

Keduanya diberi ruang usaha yang sama dan kesempatan yang sama. Indomaret mempunyai 14. 000 di tahun 2016 dan menargetkan paling tidak tahun 2017 menambah sekitar 1.600 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia. Sedangkan Toko Basmalah mempunyai di kisaran 80 outlet yang hanya tersebar di Jawa Timur. Selanjutnya kembali ke masyarakat untuk menentukan kemana dia berbelanja.

Banyak faktor yang membuat seseorang memilih tempat berbelanja. Harga adalah salah satu faktor diantara sekian banyak pertimbangan. Banyak orang memburu harga murah. Namun tidak sedikit pula memburu kenyamanan berbelanja. Maka dunia usahapun bukan sesuatu yang didominasi oleh profit an sich, unsur kemanusiaan juga mempengaruhinya.

Bisnis di era kini tidak lagi hanya mengeruk keuntungan tapi juga harus memperhatikan faktor kemanusiaan. Karena itu tempat belanja yang makin varian seperti Indomaret dan Toko Basmalah  bukan berarti keduanya bersiap saling tikam. Trend bisnis di era globalisasi justru antar institusi bisnis disatukan oleh etika bisnis yang tunggal, disatukan oleh sistem informasi, diseragamkan oleh aturan formal. Serba tunggal dan global. Maka tidak heran jika kita melihat sekian banyak toko berjejer tampak tenang dan terwujud dunia usaha yang harmonis.

Logika usaha konglomerat dengan sekelompok orang di koperasi nyaris sama. Keduanya menggenjot pendapatan setinggi-tingginya. Keduanya juga harus terus berinovasi. Tak ketinggalan pula keduanya harus menerapkan manajemen yang efisiensi. Tujuannya sama yaitu meraih keuntungan. Bedanya, konglomerat menggunakan konsep usaha yang menumpuk keuntungan pada segelintir orang. Setelah akumulasi keuntungan diraih biasanya menyisihkan sekian persen dari keuntungan tersebut untuk Corporate Social Responsibility  (CSR). Artinya, orientasi individu adalah tahapan untuk menuju kepentingan publik yang oleh Adam Smith disebut the invisible hands.

Sedangkan para penggerak koperasi membagi keuntungan usaha kepada sekian banyak orang yang menjadi anggotanya. Konglomerasi identik dengan pertumbuhan ekonomi sedangkan sistem koperasi identik dengan pemerataan ekonomi.

Keduanya tentu melibatkan modal yang terus berputar, kompetisi dan sama-sama mengandung kepentingan individu atau kelompok di satu pihak dan kepentingan publik di pihak yang lain. Begitu juga masing-masing dari keduanya pada saat tertentu mempunyai social welfare.

Tidak terkecuali Toko Basmalah mengusung sistem syariah, sedangkan Indomaret mendasar pada logika dagang.

Bismillah, selamat berbelanja.

Sumber Data: arahperubahan.com

Shares:
Show Comments (8)

8 Comments

  • abi anang
    abi anang
    7 Desember 2019 at 10:24 am

    alhamdulillah… smoga ekonomi Umat Islam smakin gemilang
    BTW kog logonya huruf Ya ??filosofinya apa ya ??

    Reply
  • Adin
    Adin
    27 Januari 2022 at 9:35 am

    Klo mau buka franchise toko basmallah di Jakarta berapa, saya minat

    Reply
  • Sholeh
    Sholeh
    5 April 2022 at 9:41 am

    𝚂𝚊𝚢𝚊 𝚝𝚘𝚙 𝚞𝚙 𝚂𝚑𝚘𝚙𝚎𝚎 𝚙𝚊𝚢 𝚍𝚒 𝚔𝚎𝚗𝚊 𝚊𝚍𝚖𝚒𝚗 2𝚁𝚋 𝚙𝚊𝚍𝚊𝚑𝚊𝚕 𝚍𝚒 𝚜𝚝𝚛𝚞𝚔 𝚗𝚐𝚐𝚊 𝚊𝚍𝚊 𝚋𝚒𝚊𝚢𝚊 𝚊𝚍𝚖𝚒𝚗 𝚐𝚒𝚖𝚊𝚗𝚊 𝚒𝚗𝚒, 𝚝𝚘𝚕𝚘𝚗𝚐 𝚍𝚒 𝚝𝚒𝚗𝚍𝚊𝚔 𝚕𝚊𝚗𝚓𝚞𝚝𝚒

    Reply
  • 25 September 2022 at 8:37 pm

    Lebih baik dimakan saudara sendiri sebelum merber makan orang lain, Lamongan Kota siap kerja sama siap lahan dikepung perumahan dan perkampungan

    Reply
  • Pak Doer
    Pak Doer
    2 Oktober 2022 at 7:44 am

    Saya senang dengan hadirnya Toko Basmalah di daerah saya. Selain pertimbangan harga, setidaknya Basmalah juga mengedepankan pelayanan. Saya usul bagaimana kalau karyawan juga menyambut pembeli dengan ucapan khusus yang identik dengan pesantren. Misalnya dengan salam atau ucapan “Alaikas-salam, Ahlan wa Sahlan lihudhurikum.”

    Reply
  • M.Masrul
    M.Masrul
    20 Oktober 2022 at 2:36 pm

    Assalamu alaikum ustadz
    Bagaimana cara menjadi mitra basamalah? Dalam artian saya mau menjual barang ke toko basmalah

    Reply
  • Imam Ghozali
    Imam Ghozali
    22 Oktober 2022 at 5:11 pm

    Bagaimana caranya menjadi mitra waralaba Basmalah, utk cara pengajuan, syarat-syarat dan lainnya

    Reply
  • Nasihin
    Nasihin
    29 April 2023 at 1:07 pm

    Assalamualaikum.
    Setelah melihat dan membaca bagaimana Toko Basmalah menerapkan managementnya, saya jadi tertarik sekali. Apakah Toko Basmalah ini kalau kita ingin buka dengan system Franchise ? Kalau iya bagaimana mekanismenya ?

    Wassalam,
    Anash

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *