Tes Wisuda Tahfidz Al-Quran Sebelum Libur Maulid

share to

Menurut keterangan dari Ust. Muhammad Kholil, salah satu pengurus Tahfidz al-Quran, sebelum hari libur Maulid Nabi, akan dilaksanakan tes wisuda bagi para huffadz al-Quran. Sebenarnya tes wisuda sebelum libur Maulid ini sudah ada pada tahun sebelumnya. Namun, ada hal berbeda pada tes wisuda kali ini yang belum ada pada tahun sebelumnya, yakni tes pra wisuda. Tes pra wisuda ini akan diselenggarakan dua kali. Pertama, dilaksanakan selama satu bulan, tanggal 10 Rabi’uts Tsani sampai 09 Jumadil Tsani, untuk koreksi hafalan. Kedua, selama 15 hari, 20 Jumadil Ula sampai 05 Jumadil Tsani, untuk tes pra wisuda.

Baca juga:  Kuliyah Syariah Gelar Kajian Tafsir Bersama Gus Baha

Untuk tes koreksi hafalan dan pra wisuda ini sebenarnya sudah harus ada di bulan Rabiul Awal tahun sebelumnya. “Berhubung saat itu Pembina kami, Gus Mu’thi, memberi perintah secara mendadak, sedangkan kami masih belum ada persiapan apa-apa dan belum memiliki gambaran bagaimana mengatur waktu untuk tes pra wisuda tersebut. Kami baru bisa merealisasikannya sebelum libur maulid di tahun ini” Ujar beliau.

Baca juga: Beberapa Proyek Pondok Pesantren Sidogiri

Yang menjadi alasan utama diadakannya tes wisuda sebelum libur maulid adalah karena kebanyakan anggota tahfidz adalah kawan-kawan IMNI (murid yang duduk dijenjang akhir masing-masing tingkatan). “Karena kalau tesnya di akhir tahun kasian mereka, takut persiapan IMNInya tidak efisien”, ujarnya lagi.

Baca juga: Mushaf al-Miftah; Gebrakan Baru Idadiyah

__________

Penulis: Mastur*

Editor: Saeful Bahri bin Ripit

*Redaksi Mading ATTAHQIQ

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *