BPP Adakan Orientasi Insan Pers dengan Tema Wawasan Jurnalistik Islam

share to

 

DSC00950 (FILEminimizer)

Ustadz Faris Khairul Anam (Malang) sedang menyampaikan materi Wawasan Jurnalistik Islam di depan redaksi media PPS.

Badan Pers Pesantren (BPP) Pondok Pesantren Sidogiri kembali menggelar acara Orientasi Insan Pers Pesantren dengan tema, “Wawasan Jurnalistik Islam” Selasa (24/11). Acara yang bertempat di Ruang Auditorium Sekretariat Pondok Pesantren Sidogiri ini diikuti oleh santri yang aktif menjadi redaksi di media-media yang dimiliki oleh Pondok Pesantren Sidogiri.

Hadir sebagai pemateri Ustadz Faris Khoirul Anam dari Malang. Ustdaz muda yang juga dosen di UIN Sunan Ampel Surabaya ini menjelaskan berbagai hal yang berhubungan dengan wawasan jurnalistik Islam, terutama dalam konteks keindonesiaan.

Dalam pemaparannya Ustadz Faris menuturkan, “Tradisi tulis-menulis tidak hanya terjadi semenjak maraknya media cetak, melainkan jauh sebelum itu. Bahkan terjadi semenjak masa Rasulullah. Bayangkan jika para shahabat Rasulullah tidak mencatat ayat al-Quran yang turun kepada beliau, tentu umat Islam tak akan mengenal al-Quran seperti saat ini,” jelas penulis buku, “Fikih Jurnalistik” ini.

Beliau juga menuturkan, “kegiatan jurnalistik, baik berupa berita, opini, artikel atau pun features bertujuan sebagai alat dakwah dan amar makruf nahi munkar. Seorang jurnalis jika ingin menjadi jurnalis Islam yang handal adalah dengan memiliki motivasi ibadah, memperhatikan konsep dasar pers, dan menjauhi segala larangan agama dalam proses pemberitaaan,” imbuhnya.

Acara ini merupakan agenda rutin yang digelar oleh BPP sebagai badan yang menaungi semua media dan kegiatan jurnalistik yang ada di Pondok Pesantren Sidogiri. Setelah acara ini, BPP melanjutkan program pembinaan kepada semua redaksi media di Pondok Pesantren Sidogiri tiap minggu dengan berbagai macam tema.  

_____________________
Penulis : Akbar Junaedi
Editor: Zainuddin Rusdy

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net