Ustaz M. Masyhuri Mochtar Ungkap Keunikan Manajemen Media Sidogiri

share to
Suasana seminar BPP dengan tema Pelatihan Pengelolaan dan Manajemen Media

Jumat (18/09), Badan Pers Pesantren (BPP) mengadakan seminar dengan tema “Pelatihan Pengelolaan dan Manajemen Media” untuk seluruh redaksi media Pondok Pesantren Sidogiri. Ust. M. Masyhuri Mochtar, Kepala Perpustakaan Sidogiri diundang sebagai pemateri pada acara yang bertempat di Ruang Auditorium Sekretariat Pondok Pesantren Sidogiri ini.

Dalam seminarnya penulis buku “Kamus Istilah Hadits” ini menyampaikan bahwa Sidogiri memiliki ciri khas tersendiri dalam pengelolaan dan manajemen medianya. Di antara kelebihan yang dimiliki oleh Sidogiri adalah para awak redaksi media biasanya langsung praktik tanpa ada pengalaman dalam hal tulis-menulis, “Ini adalah hal yang luar biasa, jarang ada orang langsung praktik tanpa ada pengalaman,” jelas eks, Pemimpin Redaksi Buletin Sidogiri (sekarang Sidogiri Media) ini.

Baca juga: Atasi Antrean Makan, Kopontren Tambah Stan

Selain itu, kelebihan yang dimiliki media Sidogiri adalah semangat para awak redaksinya karena baru menjejaki dunia jurnalistik, “Orang yang baru menulis itu otaknya fresh dan ingin terus menulis. Itu adalah hal yang luar biasa,” tutur beliau.

Di samping itu, para redaksi media biasanya baru mempelajari teori kepenulisan setelah mereka menghasilkan banyak tulisan, “Saya tak mengenal bahasa Indonesia ketika saya menulis, titik koma saya tidak mengenal. Saya hanya membaca tulisan orang lain setelah itu saya langsung menulis. Itu manajemen Sidogiri. Tanpa organizing, acting, planning dan lain sebagainya,” ungkap beliau.

Beliau juga menuturkan bahwa manajemen media berarti adalah mengatur, mengelola dan mengordinasikan semua unsur-unsur yang ada di media itu, karena media adalah perantara atau pengantar dalam menyampaikan pesan. Berarti manajemen media adalah bagaimana pesan itu dan bagaimana pengelolaannya yang sudah diramu untuk disampaikan pada orang lain.

_________

Penulis: Moh Kanzul Hikam

Editor: Saeful Bahri bin Ripit

share to

Kanzul Hikam : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

1 Comment

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *