Program Baru untuk Wisudawan Istimewa

share to
Prosesi wisuda di dalem pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri, Rabu (12/12) yang lalu.

Prosesi wisuda di dalem pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri, Rabu (24/12) yang lalu.

Madrasah Miftahul Ulum Tarbiyah Idadiyah untuk tahun ini memiliki program baru pasca wisuda istimewa di bulan Rabiul Awal pada Rabu (24/12) yang lalu.

Program ini bernama kelas Fathul Qorib dengan bertujuan mengembangkan kualitas wisudawan Tarbiyah Idadiyah pasca wisuda di bulan Rabiul Awal.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh tata usaha Tarbiyah Idadiyah, Abdul Hadi, bahwa untuk menunjang dan mengembangkan baca kitab dan keilmuan wisudawan istimewa maka dibentuklah kelas Fathul Qorib.

Kelas yang baru dibentuk pada tahun ini difokuskan untuk menghafal kitab Fathul Qorib sekaligus dengan maknanya, menerjemah, dan mengartikan.

“Program ini rencananya ditempuh selama satu tahun setengah. Pengurus Tarbiyah Idadiyah menargetkan wisudawan istimewa di bulan Maulid ini bisa mengkhatamkan hafalannya selama satu tahun setengah,” jelas laki-laki asal kota Bangkalan ini saat dikonfirmasi mengenai program baru di Tarbiyah Idadiyah, di kantornya Senin (18/01).

Ia mengimbuhkan bahwa program yang baru dijalankan pada tahun ini memiliki tahap dan target yang telah ditentukan pengurus madrasah Tarbiyah Idadiyah. Untuk setengah tahun ini, pengurus madrasah Tarbiyah Idadiyah mencanangkan semua wisudawan istimewa bisa menghafal kitab Fathul Qorib dari bab Thaharah sampai bab Iqrar. Setengah tahun yang akan datang melanjutkan hafalan dari setengah tahun yang lalu. Baru pada setengah tahun yang ketiga difokuskan untuk perkembangan baik segi hafalan, pengertian, maupun baca kitab selain kitab Fathul Qorib.

Saat ini kelas Fathul Qorib terbagi menjadi tiga kelas, kelas Fathul Qorib A, Fathul Qorib B, dan Fathul Qorib C. Adapun Kegiatan Belajar  Mengajar ditempatkan di Perpustakaan Sidogiri.

===

Penulis: Musaif Ali
Editor: Muh. Kurdi Arifin

 

 

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net