Fenomena Gerhana Bulan Total, Tim Falakiyah Sidogiri Lakukan Pengamatan

share to

Sabtu (28/07/18), Tim Falakiyah Pondok Pesantren Sidogiri tengah sibuk mempersiapkan rukyah khusuf al-qamar. Ust. Shofiyul Muhibbin, Naib II Kuliah Syariah sekaligus pembimbing Tim Falakiyah ikut hadir memantau fenomena alam yang jarang terjadi tersebut. Dalam penuturannya, gerhana bulan kali ini termasuk kategori gerhana bulan terlama sepanjang. Menurut catatan, gerhana dimulai pada pukul 01:50 Wis dan diperkirakan akan kembali normal sekitar 05.44 Wis.

Ilustrasi: Mas Sholeh, membaca khutbah saat menjadi imam pelaksanaan shalat gerhana rembulan di Masjid Jami’ Sidogiri.

Untuk mempermudah pantauan dan agar anggota yang lain dapat menyaksikan secara langsung dan lebih jelas proses gerhana, hasil teropong teleskop langsung ditampilkan melalui layar proyektor. Hal ini juga bermanfaat saat menjelaskan proses gerhana menurut ilmu falak.

“Jika tidak menggunakan proyektor maka anggota yang lain hanya akan menikmati gerhana secara personal,” ungkap Ust. Shofi.

Selain yang bersifat insidentil, Tim Falakiyah juga mengadakan pelatihan rukyatul hilal selama dua bulan sekali, kadang dilakukan di Tanjung Kodok, Lamongan atau di area pesantren. “Kadang, jika perlu kami akan pergi ke Lamongan bersama untuk melakukan rihlah ilmiah hanya sekadar membuktikan apa yang sudah kami kaji selama ini.” Kata Ust. Shofi.

Sementara itu, sekitar pukul 03.45 Wis para santri mengikuti pelaksanaan shalat gerhana rembulan di Masjid Jami’ Sidogiri. Mas. HM. Sholeh Abd. Haq bertindak sebagai khatib.

=====

Penulis: A. Farid Muflihin
Editor: N. Shalihin Damiri

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net