Semarak Halakah Ihya’ di Asrama Santri

share to

Pada tahun ini, Pengurus Kuliah Syariah Pondok Pesantren Sidogiri mengadakan program baru berupa halakah Ihya’ Ulumiddin karya Imam al-Ghazali, yang bertempat di asrama masing-masing santri. Halakah ini telah dimulai sejak Selasa (06/07).

Halakah ini diadakan karena pengurus ingin menyemarakkan kembali halakah-halakah yang dulu pernah ada di asrama-asrama santri. Maka dari itu, pengurus Kuliah Syariah berinisiatif untuk membuat sebuah halakah yang kemudian diberi nama “Halakah Ihya’”.

Materi kitab Ihya’ dipilih karena pengajian kitab pada kiai adalah kitab Ihya’ Ulumiddin. “Hal ini sangat cocok bagi santri untuk belajar dan memahami dulu isi kitab sebelum mengaji pada kiai,” kata Ust. Muhammad Kholilulloh selaku Kepala Kuliah Syariah Pondok Pesantren Sidogiri.

Kegiatan ini dilaksanakan jam 22.00 Wis setelah kegiatan jam belajar wajib pesantren. Halakah ini hanya bisa diikuti oleh murid tingkat Aliyah dan Kuliah Syariah, “Untuk saat ini, halakah hanya bisa diikuti oleh murid Aliyah dan Kuliah Syariah, karena santri selain Aliyah dan Kuliah Syariah juga memiliki kegiatan sendiri,” jelasnya.

penulis: Muhammad Noval

Editor: Moh Kanzul Hikam

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *