Rambak dari Kulit Bangkai

share to

a. Deskripsi Masalah

Di berbagai toko banyak dijual rambak dari kulit hewan. Tapi kita tidak tahu tentang status kulit yang menjadi bahan baku rambak, apakah dari hewan sembelihan atau dari bangkai.

b. Pertanyaan

Bolehkah memakan kulit bangkai yang sudah disamak?

c. Jawaban

Jawaban terdapat pemilahan: kalau berupa kulit hewan yang boleh dimakan, maka menurut Qaul Jadîd boleh, sedangkan menurut Qaul Qadîm tidak boleh. Kalau berupa kulit hewan yang tidak boleh dimakan, maka tidak boleh sama sekali.

d. Rujukan

وَهَلْ يَجُوْزُ أَكْلُهُ يُنْظَرُ فَإِنْ كَانَ مِنْ حَيَوَانٍ يُؤْكَلُ فَفِيْهِ قَوْلَانِ قَالَ فِى القَدِيْمِ لَايُؤْكَلُ لِقَوْلِهِ صلى الله عليه وسلم إِنَّمَا حَرَّمْتُ المَيْتَةَ كُلَّهَا وَقَالَ فِى الجَدِيْدِ يُؤْكَلُ لِاَنَّهُ جِلْدٌ طَاهِرٌ مِنْ حَيَوَانٍ مَأْكُوْلٍ فَاَشْبَهَ جِلْدَ المُذَكَّى وَاِنْ كَانَ مِنْ حَيَوَانٍ لَايُؤْكَلُ لَمْ يَحِلَّ أَكْلُهُ لِأَنَّ الدِّبَاغَ لَيْسَ بِاَقْوَى مِنَ الذَّكَاةِ وَالذَّكَاةُ لَاتُبِيْحُ مَا لَا يُؤْكَلُ لَحْمُهُ إهـ (المجموع شرح المهذب, 1/229).

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *