Delegasi Annajah Center Sidogiri Menorehkan Prestasi dalam Olimpiade Mafahim Nasional

share to
Bangga; Fuad Abdul Wafi diapit oleh Ust. Muntahal Hadi, Derektur ACS dan Ust. Idrus Romli, Dewan Pakar Annajah Center Sidogiri

Bangga: M. Fuad Abdul Wafi diapit oleh Ust. Muntahal Hadi, Direktur ACS dan Ust. Idrus Romli, Dewan Pakar ACS dua hari setelah pelaksanaan lomba.

Olimpiade Mafahim Nasional (OMNAS) Ke-II 2016 sukses terlaksana di PP. Darullughah Wadda’wah Raci, Bangil, Pasuruan. M. Fuad Abdul Wafi, delegasi Annajah Center Sidogiri (ACS) menorehkan prestasi sebagai juara terbaik II kategori lomba “Presentasi Aswaja” dalam ajang bergensi tersebut.

Olimpiade yang diikuti oleh 54 pesantren favorit se-Indonesia, ini diselenggarakan oleh Ikatan Alumni Abuya Al-Maliki yang tergabung dalam organisasi Hai’ah Ash-Shofwah Al-Malikiyah selama 3 hari (17-19/10).

Saat dikonfirmasi, Wafi –sapaan akrabnya– menuturkan ajang kompetisi presentasi Aswaja tersebut perdana ia ikuti. “Alhamdulillah, meski baru pertama kali tetapi langsung menyabet juara. Prestasi ini tidak terlepas dari rutinitas al-Faqir mengkaji Aswaja dalam segala aspek bersama teman-teman di ACS,” ungkap santri Sidogiri berasal dari Probolingo yang duduk di kelas 2 Tafsir Hadis MMU Aliyah.

Kriteria lomba presentasi Aswaja OMNAS, lanjut Wafi, batasan umur maksimal 20 tahun. Setiap peserta juga harus membuat makalah sesuai dengan materi yang ditentukan panitia dengan struktur penulisan: definisi atau ta’rif, penjelasan hukum, dalil-dalil, analisa dalil, dan penutup.

Selain itu sumber referensi (marâji’) utama dalam penulisan makalah adalah kitab Mafahim Yajibu an Tushahhah (Paham-paham yang Wajib Diluruskan). Diperkaya dengan sumber lain dari kitab-kitab karya Abuya Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki. “Jauh hari sebelum kompetisi, al-Faqir telah banyak menghafal isi kitab Abuya Al-Maliki. Jadi, saat event al-Faqir mempresentasikan tanpa melihat kitab dan makalah lagi,” akunya sambil ketawa kecil.

Ada tiga cabang lomba pada event bergensi yang disiarkan live streaming oleh Dalwa TV dan TV9 ini, yaitu; Cerdas Cermat Mafahim, Presentasi Aswaja, Film Pendek Mafahim.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Mempora) RI, Imam Nahrawi, dalam sambutannya pada pembukaan OMNAS, Senin (17/10/2016) mengatakan sangat mengapresiasi OMNAS yang diikuti oleh para remaja dan pemuda delegasi terbaik dari pesantren favorit se-Indonesia. “Pemerintah sangat mengapresiasi dan akan terus mendorong OMNAS untuk lebih semarak dan maju lagi,” ucap Mempora.

Ketua Umum Hai’ah ash-Shofwah al-Malikiyyah, KH. M. Ihya’ Ulumuddin juga menuturkan, inti dari OMNAS ini adalah untuk menguatkan jaringan silatuhrahmi antar pesantren dan pemuda Ahlusunah wal Jamaah (Aswaja).

“Semoga sumbangsih pemikiran Ahlusunah wal Jamaah ala Abuya Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki al-Hasani tersebar lebih luas melalui OMNAS ini,” ujar kiai karismatik yang juga sebagai Pengasuh Pondok Pesantren Pengembangan dan Dakwah Nurul Haromain, Ngroto Pujon, Malang.

===
Penulis : Ilham Akbar
Editor   : Muh Kurdi Arifin

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Chat WA dengan kami