Buka Puasa Ikut Azan Yang Mana?

share to

Deskripsi Masalah

Parenduan adalah daerah yang terletak di tepi barat kabupaten Sumenep, kurang lebih 30 km. dari sumenep kota. Sedangkan kecamaan Guluk-guluk adalah derah yang berada di tepi barat kabupaten Sumenep, (kurang lebih 35 km. dari Semenep kota). Untuk menentukan awal waktu berbuka puasa, masyarakat Sumenep bagaian barat, sangat bervariasi. Ada yang mengikuti azan RRI di Sumenep kota, ada pula yang lebih malam sedikit dari azan tersebut, bahkan ada yang mengikuti azan yang di kumandang oleh Rodio Karimata di kota Pamekasan, di sebelah barat kabupaten Sumenep.

Pertanyaan

  1. Berapa jarak lebar dan panjang suatu daerah yang diperbolekan mengikuti azan yang di kumandangkan daerah lain dalam menentukan waktu berbuka uasa atau ibadah yang lain?
  2. Dapatkah dikatakan satu waktu antara Sumenep kota dengan Sumenep bagian barat dalam menentukan awal waktu berbuka puasa atau ibadah yang lain?
  3. Jika ternyata salah dalam mngikuti azan tersebut, wajibkah mengqadai puasa yang dilakukan pada waktu tersebut?

Jawaban

  1. 28,4375 km, atau sama dengan waktu 1 menit.
  2. Bisa, apabila masih dalam jarak 28,4375 km.
  3. Wajib

Refrensi: 
(الدُّرُوْسُ اْلفَلَكِيَّةِ، 44), (الدُّرُوْسُ الْفَلَكِيَّةِ، 73), (الفَتَاوَى الْكُبْرَى الفِقْهِيَّة عَلَى مَذْهَبِ اْلإِمَامِ الشَافِعِيِّ، 1/9), (تَفْسِيْرُ آَيَاتِ الْأَحْكَامِ،   1/90)

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Chat WA dengan kami