Akun Siluman yang Membingungkan

share to

Diskripsi Masalah:
Tidak semua orang diketahui identitasnya sering kita temukan akun-akun di medsos yang tidak sesuai dengan identitasnya. Hal itu sering kita sebut dengan istilah akun siluman biasanya pemilik akun memalsukan identitasnya meliputi:
• Nama akun, ia bisa menggunakan nama orang lain ( temannya) atau samaran
( seperti abdu shomad menjadi shomad alianski dll),
• Foto frofil foto yang dipasang biasanya berupa foto orang lain yang diambil dari google facebook dan medsos lainnya ada juga yang memasang gambar saja (baik pemandangan kaption lambang dll).
• Alamat akun biasanya alamat yang digunakan tidak sesuai dengan alamat aslinya.
• Riwayat pemilik akun juga memalsukan riwayat hidupnya seprti riwayat pendidikan. Ia menggunakan riwayat palsu yang buat- buat, seperti universits pondok pesantren sekolah umum dll, padahal sama sekali tidak pernah masuk pada pendidikan tersebut.
Untuk melengkapi kepalsuan tersebut pemilik akun dering mengapdet status dan mengunggah foto, hal itu dilakukan agar orang yangf melihat akun tersenbut beranggapan bahwa akun itu benar-benar asli.
Tujuan orang yang membuat akun siluman tersebut berbeda-beda. Tergantung kepribadian masing-masing. Ada kelompok santri yang berkeinginan melawan akun akun yang menyimpang dan mresahkan. Melawan statmen dan pemikiran yang tidak sesuai dengan salafuna as-soleh kelompok tersebut tergabung dalam sebuah grup yang bernama SCA (santricyber army). Kelompok tersebut dibentuk untuk melawan akun byang menyimpang, statemen yang meresahkan dll anngota grub tersebut harus menggunakan akun siluman, supaya identitas kesantriannya tidak tercemar disebabkan melawan akun- akun menyimpang. Disamping tujuan itu, ketika ada orang yang memblokir akun siluman itu, pimilk akun itu tidak merasa kehilanan sama sekali.
Pertanyaan:
a. Bagaimana hukum memalsukan identitas ( baik nama, alamat ,riwayat dll) di medsos tampa meninjau tujuan di atas ( sekedar iseng atau tampa tujuan).
Jawaban : tafsil :
1. Jika yang di maksud dengan nama akun adalah identitas akun maka pemberian nama akun yang tidak sesuai dengan nama pemilik tidak tergolong pemalsuan
2. dan jika yang dimaksud dengan nama akun adalah identitas pemilik, maka pemberian nama akun yang tidak sesuai termasuk pemalsuan.

B. Bagaimana hukum amar amar ma’ruf nahi munkar di medsos dengan menggunakan akun siluman seperti yang dilakukan SCA ?
Jawaban:
1. Jika masih ada cara lain maka tidak diperbolehkan
2. Jika hal itu merupakan satu-satunya cara, maka boleh selagi tidak menimbulkan madharat yang lebih besar

Refrensi: Sullam Taufiq, Is’adur Rafi’, Ihya’ Ulumuddin, Azzawazir an-Iqtirofil Kabair, Fathul Muin, Hasiyah Ianahtut at-Thalibin, Mausuatil Yusufiyah, Majmu’ Syarah al-Muhadzab.

 

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Chat WA dengan kami