Ngaji Maring Mas Ahmad Sa’dulloh bin KH. Abd Alim; Kriteria Alumni Sidogiri Sukses

share to

Ngaji maring Mas Ahmad Sa’dulloh Abd Alim; Kriteria Alumni Sukses

Ilmu manfaat, barokah, pandangan (baik) seorang murid seorang guru terhadap guru, dan menjaga apaun yang dilakukan seorang guru adalah beberapa hal yang harus dilakukan seorang santri yang telah boyong dari pesantren sebagai khidmah kepada pesantren. Khidmah juga bisa dilakukan oleh alumni melalui Ikatan Alumni Santri Sidogiri (IASS), sebagai wadah organisasi resmi yang sudah direstui dan diresmikan oleh masyayikh. Hal itu bisa dilakukan melaui beberapa bidang; dakwah sosial, pendidikan dan pelatihan, hukum, dan ekonomi bisnis. Hal itu dilakukan sebagai bentuk pengabdian kepada PPS di tengah masyarakat.

Para alumni juga diharapkan mengajarkan ilmunya yang sudah didapat dari pesantren. Mendoakan para masyaikh dan guru serta mengikuti program-program IASS. Hal ini dilakukan sebagai bentuk perhatian masyaikh karena di situ ada sebuah hikmah. Karena yang dikhawatirkan masyaikh adalah takut keluar dari apa yang sudah diajarakn oleh masyaikh.

Alumni yang sukses adalah menjalankan (mengamalkan) apa yang sudah didapat dari guru. Ini adalah arti sukses sebagai murid. Namun, partisipasi dan dukungan alumni terhadap IASS serta aktif dalam organisasi IASS juga bisa dikatakan sukses. Oleh karenanya, diharapkan alumni kompak untuk menjaga apa yang sudah diperjuangkan oleh masyaikh. Jadi, partisipasi alumni dalam tubuh IASS itu agar supaya tidak keluar jalur dari PPS serta apa yang sudah didapat dari PPS.

Itulah sebagian dari apa yang sudah diharapka oleh masyaikh terhadap alumni PPS. Secara tidak langsung, PPS tetap memperhatikan dan peduli terhadap santri yang sudah keluar dari PPS. Hal yang menjadi harapan dari IASS adalah partisipasi alumni dalam pengajian rutianan yang diadakan oleh IASS. Hal ini dilakukan agar alumni tetap dalam jalur yang sudah diharapkan oleh masyaikh. Dalam pelaksanaannya, pengajian IASS diabsen. Hal itu bertujuan untuk disiplin alumni terhadap apa yang sudah ditetapkan. Apabila ada alumni yang tidak bisa hadir karena terkendala dana, sesama alumni bisa bantu. Kalau untuk di luar itu, tidak bisa dilakukan.[]

 

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Chat WA dengan kami