Mentoring ACS; Ajaran Pokok Madzhab Asy’ari

share to

Malam Sabtu (20/07) Annajah Center Sidogiri (ACS) adakan mentoring untuk anggota semester satu. Sebagai mentor adalah Ustadz Afifuddin, Dewan Guru Madrasah Miftahul Ulum Aliyah Sidogiri sekaligus Dewan Pakar Annajah. Acara bertempat di Ruang Istirahat Guru Mabna al-Ghazali. Sebanyak 40 peserta Semester I hadiri acara yang membahas tentang Ajaran Pokok Madzhab Asy’ari. Mentoring dimulai pada pukul 09.00 hingga 10.20 malam waktu setempat.

Ustadz Afif dalam penjelasannya mengenai Ajaran Pokok Madzhab Asy’ari dimulai dengan membahas betapa pentingnya sanad dalam agama. Kemudian beliau mulai merambah pada pemahaman ibarat iftiraqu sunnatullah, bahwa adanya perpecahan dalam agama sudah menjadi catatan takdir dari Allah, sehingga menurut beliau betapa pun kita berusaha membawa seseorang yang menyimpang dari Ahlusunnah untuk bertaubat melalui jalan jidal (debat), belum tentu dia akan ikut.

Ajaran Pokok pertama yang beliau jelaskan adalah sifat yang 20. Berdasarkan pemaparan beliau (Ustadz Afifuddin, red), sifat 20 merupakan bagian dari ajaran Asya’irah yang paling dibenci oleh kaum Salafi-Wahabi dan dianggap paling jeleknya bid’ah. Sifat 20 yang dimaksud adalah sifat Wujud Allah, Qidam, Baqa, dan seterusnya.

Mengakhiri pembahasan semalam, U          stadz Afifuddin menyampaikan betapa hebatnya ulama Ahlusunnah terdahulu yang selalu mampu menghadapi logika golongan menyimpang.

Ustadz Afifuddin dengan ciri khasnya ketika menjadi pembicara atau mentor

Ustadz Afifuddin dengan ciri khasnya ketika menjadi pembicara atau mentor

“Kita punya Ulama yang punya logika bagus-bagus, tinggal kita mau mengembangkannya atau tidak”, Kata ustadz yang viral ketika menjabat Ketua Panitia Milad Sidogiri ke-282 kemarin.

_____

Penulis : Musafal Habib

Editor :  Saeful Bahri bin Ripit

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net