Mentoring ACS; Posisi Madzhab Asy’ari Dalam Fikih dan Hadits

share to

Annajah Center Sidogiri (ACS) kembali mengadakan mentoring bagi peserta kaderisasi semester 1, Malam Senin (22/07). Acara bertujuan sebagai pemantapan akidah Ahlusunnah wal Jamaah madzhab Asy’ari. Diadakan di Ruang Istirahat Guru lantai I Mabna al-Ghazali. Sebagai Mentor adalah Ustadz Fauzan Imron dengan tema Posisi Madzhab Asy’ari dalam Fikih dan Hadits.

Ustadz Fauzan menjabarkan poin-poin penting dalam mentoring semalam; pertama, sekelumit tentang madzhab Asy’ari, kedua tentang posisi akidah dalam fiqih, dan ketiga posisi akidah dalam hadits. “Sebelumnya madzhab Asy’ari, tidak ada faham mengikuti madzhab, karena dulu masih ada Nabi, Sahabat, shigharu sahabat untuk menjadi pegangan akidah”, jelas Staf Pengajar MMU Aliyah Sidogiri ini.

Ustadz Fauzan Imron ketika mengisi mentoring semalam

Ustadz Fauzan Imron ketika mengisi mentoring semalam

Kesimpulan semalam, persentase madzhab Asy’ari di dalam madzhahibul arba’ah adalah 100% madzhab Syafi’i dan Maliki mengikuti Madzhab Asy’ari. Sedangkan madzhab Hanafi hanya 30 %. Sementara itu posisi madzhab Asy’ari di kalangan ahli Hadits dapat disimpulkan bahwa mayoritas ulama Hadits itu bermadzhab Syafi’i, otomatis banyak juga dari ulama Hadits yang bermadzhab Asy’ari.

________

Penulis : Musafal Habib

Editor   : Saeful Bahri Bin Ripit

 

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net