BeritaUnggulan

Orientasi Insan Pers, Menyajikan Tulisan Berkualitas Sesuai Norma

Badan Pers Pesantren (BPP) kembali menyelenggarakan acara Orientasi Insan Pers yang mengangkat tema ‘Menyajikan Nilai-Nilai Salaf dalam Tulisan Berkualitas’ dengan mengundang seluruh redaksi media baik mading, majalah cetak, dan online, sebagai peserta pada Ahad malam Senin (17/12).

Acara yang berlangsung di ruang auditorium Sekretariat PPS lt. II ini, menghadirkan Ustaz Ahmad Dairobi Naji, Redaktur Sidogiri Media, sebagai narasumber.

Dalam pembukaan, beliau menegaskan bahwa kunci keberhasilan dalam menyajikan tulisan adalah melalui pembelajaran dari pengalaman, baik itu pengalaman pribadi maupun orang lain, mengingat setiap individu memiliki pengalaman yang berbeda.

Pria yang kini tinggal di Jember ini juga menyoroti fokus tulisan pada isu-isu sosial saat ini. Menurutnya, tulisan bertemakan Fikih sebaiknya dibahas secara khusus, bukan secara menyeluruh.

Beliau menambahkan, “Sumber tulisan sosial dapat ditemukan dalam realitas dan norma. Penting untuk mengukur dan mengaitkan realitas dengan norma-norma yang diajarkan dalam kitab-kitab salaf.”

Pentingnya menggabungkan realitas dengan norma tersebut diilustrasikan melalui perbandingan antara data sejarah dengan kejadian masa kini. Beliau menekankan bahwa tulisan yang hanya berfokus pada norma tanpa realitas dapat menghasilkan karya yang kering dan minim peminat.

Terakhir, beliau menyampaikan, “Sering-seringlah membaca, karena dengan membaca tidak hanya menambah data dan wawasan, tetapi secara tidak langsung juga mengasah skill dan karakter tulisan kita, agar bisa meluaskan data yang kita punya dan menajamkan analisis, yang keduanya merupakan dasar dari tulisan.”

Dengan menghadirkan pandangan yang mendalam seperti itu, acara ini memberikan wawasan berharga bagi para insan pers untuk meningkatkan kualitas tulisannya.

Penulis: Muhit Rofiqiy
Editor: Muhammad Ilyas

Shares:
Show Comments (0)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *