Taujihat dari Majelis Keluarga dan Tradisi Salam-Salaman Menjelang Kepulangan Santri

share to

Menjelang kepulangan santri Pondok Pesantren Sidogiri  dalam liburan Maulid 1434-1435 H, Pengurus Pondok Pesantren Sidogiri (PPS) mengadakan taujihat atau tausiyah dari Majelis Keluarga, Sabtu malam (11/1). Taujihat kali ini dibacakan oleh Katib Majelis Keluarga Pondok Pesantren Sidogiri, d. Nawawi Sadoellah.

Setelah acara taujihat selesai, semua santri melaksanakan bersalaman dengan guru, Pengurus, dan sesama temannya. ebelumnya mereka diharuskan untuk memakai baju putih dan berkumpul di daerah (asrama) masing-masing untuk mendengarkan taujihat dari Majelis Keluarga PPS.

Tradisi salam-salaman ini sudah berlangsung sejak lama di Pondok Pesantren Sidogiri. Sebelum pulang ke halaman masing-masing, semua santri memang dianjurkan untuk saling bermaaf-maafan dengan bersalam-salaman. Dengan saling bermaafan ini, diharapkan semua santri dapat menjalani liburan dengan baik tanpa ada tanggungan kesalahan diantara mereka.

Di samping itu, seblum dimulainya taujihat, masing-masing Kepala Daerah (Kapdar) Pondok Pesantren Sidogiri mengisinya dengan sambutan dan permohonan maaf terkait kinerja mereka selama menjalani tugas sebagai Pengurus. “Kami dari Pengurus daerah meminta maaf sebesar-besarnya kepada semua santri. Kami juga minta tolong sampaikan salam kami kepada orang tua kalian,” ungkap Ust. Abdurrahman, Kepala Daerah K kepada warga daerahnya.

==
Penulis: M. Saifuddin Ali
Editor: Zainuddin Rusdy

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Chat WA dengan kami