LFS Lakukan Rukyatul-Hilal di Tanjung Kodok, Lamongan

share to
HILal

Inilah hasil gambar hilal yang berhasil diabadikan oleh tim LFS di Tanjung Kodok, Lamongan

Sebanyak 65 anggota Lembaga Falakiyah Sidogiri (LFS) melakukan rukyatul-hilal untuk menentukan awal bulan Jumadas Tsani di Tanjung Kodok, Lamongan, pada Jumat (20/03). Kegiantan ini merupakan salah satu program LFS dalam menentukan awal bulan Hijriah. Seperti awal bulan Ramadan, Syawal, dan seterusnya.

Setiap satu tahun dua kali, LFS memang rutin mengadakan kegiatan rukyat di beberapa tempat, diantaranya di Tanjung Kodok, Lamungan. Hal itu karena tempatnya dekat dan cukup strategis.

“Karena tempatnya sangat strategis dan memungkinkan untuk melakukan praktek di tempat,” ujar M. Alwi, wakil ketua LFS.

Dari hasil memantuan oleh anggota LFS tersebut diketahui bahwa tanggal satu Jumadas Tsani jatuh pada hari Ahad (22/03) dengan posisi hilal 11% dan keadaan hilal saat itu miring agak ke utara.

“Insya Allah di akhir Sya’ban nanti kami akan melakukan rukyat lagi untuk menentukan awal bulan Ramadan,” lanjut pria asal Kabupaten Bangkalan ini.

Rukyatul-hilal ini juga diikuti oleh Ust. Tholha Ma’ruf, pembina di Lembaga Falakiyah Sidogiri, Ust. Saiful Ulum (naib I Kuliyah Syariah), Ust. Safullah Muhibbin (naib II Kuliyah Syariah), Ust. Muslich (Kepala Kuliyah Syariah). (SEF)

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *