Gus Rojih: Ilmu Agama Hanya Bisa Diperoleh di Pesantren

share to

dalam ajha

Tampak Kepala Kuliah Syariah sedang menjelaskan perihal kegiatan yang ada di Kuliah Syariah.

Untuk meningkatkan gairah dan semangat dalam menuntut ilmu, Pengurus Kuliah Syariah Pondok Pesantren Sidogiri (PPS) menyelenggarakan Tauiyah (Taushiyah), Sabtu malam, (01/02).

Acara yang dihelat di kantor Sekretariat Lt. III ini mengundang Agus Rojih Ubab Maimun, salah satu cucu dari Kiai Maimun Zubair, Sarang. Sebelum acara dimulai, Kepala Kuliah Syariah, Ust. Muslih, memberi kata sambutan. Dalam sambutannya, ia menjelaskan secara detail semua kegiatan-kegiatan yang ada di Kuliah Syariah, seperti mengaji pada pengasuh, kegiatan kursus astronomi, kajian falak, LPSI, kegiatan BMW, dll.

Ia juga menghimbau kepada anggota Kuliah Syariah agar lebih semangat dalam mengikuti semua kegiatan yang ada di Kuliah Syariah. “Kedepannya, semua anggota Kuliah Syariah agar lebih semangat lagi,” jelas pria yang juga menjadi staf pengajar di Tsanawiyah ini.

Acara selanjutnya dilanjutkan  dengan taushiyah dari Gus Agus Rojih Ubab Maimun. Dalam pemaparannya, beliau menyebutkan bahwa orang yang menekuni ilmu agama, maka ia akan mendapatkan rahmat Allah. Karena lafadz rahmat dalam al-Qur’an selalu diikuti dengan lafadz ilmu. Maka, menurut beliau, santri yang sedang menuntut ilmu pasti mendapatkan rahmat Allah.

Selanjutnya beliau menerangkan tentang esensi ilmu, “Ilmu itu bisa masuk jika orang yang menuntut ilmu tidak berbuat maksiat dan tidak pernah memikirkan untuk berbuat maksiat,” ungkap pria yang mengaku pernah belajar di Sidogiri ini. Beliau juga menjelaskan, bahwa di zaman ini, mencari ilmu agama yang baik itu hanya dapat diperoleh di pesantren.

Tampak hadir dalam acara Tauiyah tersebut, Mas Abdul Kamil (ketua III PPS), HM. Masykuri Abdurrahman, (Pengurus LAZ Sidogiri), Abdussyakur Nur (Kepala MQS). Di akhir acara, Ketua III memberikan kenang-kenangan kepada narasumber dibantu oleh Kepala Kuliah Syariah, Ust. Muslih.

==
Penulis: M. Saifuddin Ali
Editor: Zainuddin Rusdy

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net