Bekali Para Wastib sebelum Mengadakan Diklat Tajhîzul-Mayyit

share to

tulisan ok

Ust. H. Ahmad Baihaqi saat membimbing para wastib tata cara men-tajhiz mayyit

Sudah menjadi program tahunan Pengurus Ubudiyah Pondok Pesantren Sidogiri (PPS) mengadakan pendidikan dan pelatihan Tajhîzul-Mayyit (tata cara merawat mayit), mulai dari cara mendampingi orang yang sedang sakratul maut hingga cara mengubur mayit. Rencananya, kursus ini akan digelar pada malam Sabtu mendatang (28/3) di Kantor Sekretariat Lt III PPS, dan dibuka untuk semua santri.

Sebelum kursus itu akan digelar, terlebih dahulu Pengurus Ubudiyah melatih + 35 Wastib PPS serta 12 pengurus ubudiyah daerah (asrama) tentang tata cara Tajhîzul-Mayyit pada Sabtu Malam (22/3) kemarin di Masjid Jami’ Sidogiri Lt. II. Ust. Baihaqi Juri, Kepala Madrasah Miftahul Ulum (MMU) Ibtidaiyah hadir sebagai pembimbing.

Hal ini dilakukan sebagai bekal dalam memandu perjalanan kursus saat season praktik nanti, karena pada diklat tersebut ada tiga season, yaitu penjelasan materi, dialog interaktif dan praktik men-tajhîz mayit secara langsung dengan menggunakan peralatan yang digunakan dalam prosesi perawatan mayit.

Calon peserta diklat ini nantinya dikelompokkan menjadi beberapa kelompok. “Dengan adanya pemandu yang terdiri dari para Wastib yang sudah terlatih, perjalanan kursus nanti akan lebih terkoordinir, sehingga tidak terlalu menyibukkan pemateri,” tutur Izzaturrofiq, Kepala Bagian (Kabag) Ubudiyah saat ditanya sidogiri.net.

==
Penulis: Suaib Hasan
Editor: Zainuddin Rusydi

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net