Syaikh Samih Al-Kuhhali Al-Yamani: Santri Harus Mewarnai Masyarakat

share to
Syaikh Samih al-Kuhhali al-Yamani terus memotivasi santri agar bisa menjadi orang yang bermanfaat

Syaikh Samih al-Kuhhali al-Yamani terus memotivasi santri agar bisa menjadi orang yang bermanfaat

Pondok Pesantren Sidogiri kedatangan seorang ulama dari negara Yaman. Beliau bernama syaikh Samih al-Kuhhali, Yaman, Ahad sore (29/11) di aula Kantor Sekretariat lantai III. Beliau merupakan murid dari syaikh Abu Bakar al-Adn al-Masyhur, Yaman.

Acara yang dikemas dengan muhadarah ilmiah itu, dimulai sekitar pukul 13.30 Wis dengan dihadiri semua guru PPS yang tidak mempunyai jam aktif dan beberapa murid Tsanawiyah.

Dalam penyampaiannya, syaikh Samih al-Kuhhali al-Yamani menekankan kepada santri akan pentingnya sebuah ilmu. Menurutnya, ada tiga poin yang berkesinambungan antara satu dengan yang lainnya. Ketiga poin tersebut adalah tarbiyah, ta’lim, dan dakwah.

Syaikh Samih al-Kuhhali al-Yamani menjelaskan bagaimana sekiranya tarbiyah itu menyangkut pada hal yang berkenaan dengan kehidupan. Bahkan tarbiyah itu haruslah diagungkan dengan cara-cara yang lembut dan sopan sehingga kita tidak akan mendapatkan kesulitan ketika mempelajari ajaran Nabi.

Selanjutnya, beliau melanjutkan penyampaiannya kepada hadirin bagaimana cara mempelajari ilmu dan pengajarannya. Menurut beliau, pada masa sekarang banyak masyarakat yang membaca kitab atau buku hanya untuk kepentingan diri sendiri bukan karena Allah. Sehingga meski kelihatan umat Islam banyak namun esensinya sedikit karena mereka jauh dari Allah.

Syaikh berkebangsaan Yaman ini juga menuturkan bagaimana kita berdakwah hanya kepada Allah. Hal ini tidak cukup dengan berdakwah di atas mimbar karena sesungguhnya dakwah itu kepada Allah.

“Saya ingin kalian menjadi benda yang berwarna sehingga ketika kalian keluar dari pondok bisa mewarnai mereka bukan malah diwarnai oleh mereka,” harap syaikh Samih al-Kuhhali al-Yamani ini di aula Kantor Sekretariat.

===

Penulis: Musaif Ali
Editor  : Muh. Kurdi Arifin

 

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Chat WA dengan kami