Staf Pengajar Tsanawiyah Dapatkan Pendalaman Fan Balaghah

share to
IMG_3866 (FILEminimizer)

Porf. Dr. Husain Aziz dari Surabaya memaparkan tips dan trik mengajar ilmu Balagha kepada guru MMU Tsanawiyah

Demi meningkatkan kualitas pengajaran pelajaran balaghah di Madrasah Miftahul Ulum Pondok Pesantren Sidogiri, Badan Tarbiyah wa Taklim Madrasi (Batartama), mengadakan pendalaman pelajaran balaghah bagi seluruh wali kelas tingkat Tsanawiyah pada malam Kamis (20/11). Acara yang bertempat di Kantor Sekretariat lantai II tersebut mendatangkan Prof. Dr. Husein Aziz, Guru Besar Ilmu Balaghah Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya sekaligus mantan staf pengajar di MMU Aliyah Pondok Pesantren Sidogiri.
Dalam pemaparannya, alumnus PPS tersebut memberikan metode pengajaran ilmu balaghah yang selama ini beliau terapkan. “Dalam mengajar saya tidak pernah menggunakan syair sebagai contoh, saya menggunakan al-Quran dan Hadis agar peserta didik biasa dengannya,”  katanya memulai acara yang dipimpin oleh Ust. Mujiono, staf pengajar MMU Aliyah.
Lebih lanjut lagi, beliau menitikberatkan pada penggunaan fan tersebut untuk memahami al-Quran. “Suatu aib besar bila kita membaca al-Quran tanpa mengetahui maknanya,” tegasnya. Karena menurut beliau, balaghah adalah keindahan dan keindahan tersebut semakin terasa ketika diaplikasikan di dalam membaca al-Quran. Selanjutnya acara diisi dengan sesi tanya-jawab seputar problematika yang kerap menjadi masalah di dalam proses pengajaran ilmu balaghah.

_____________________
Penulis : Isomudin
Editor  : Zainuddin Rusdy

 

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *