Tarbiyah Idadiyah: Baru 3 Bulan, Sudah Ada 184 Calon Wisuda

share to
Menegangkan: Prosesi demontrasi calon wisudawan istimewa menggunakan layar lebar

Menegangkan: Prosesi demontrasi calon wisudawan istimewa menggunakan layar lebar

Kamis malam (13/11), MMU Tarbiyah Idadiyah Pondok Pesantren Sidogiri menggelar acara yang bertajuk Semarak Idadiyah dan Pembagian Hadiah di lapangan olahraga barat mabna as-Syuyuti.

Selain pembagaian hadiah untuk murid-murid yang berprestasi, acara ini, juga diisi dengan acara demontrasi. Ada dua demontrasi pertama yang ditampilkan oleh panitia. Demontrasi  pertama melibatkan murid-murid Tarbiyah Idadiyah yang telah menyelesaikan proses belajar metode cepat baca kitab al-Miftah lil Ulum yang ditempuh kurang lebih dari tiga bulan setengah. Tercatat sebanyak 184 calon wisudawan Istimewa pada bulan maulid mendatang.

Demontrasi kedua melibatkan murid Tarbiyah Idadiyah program lanjutan, Idadiyah Reguler.

Pada demontrasi pertama, panitia mengacak nama murid yang akan diwisuda Istimewa di bulan Rabiul Awal. Sebanyak tiga anak yang dipanggil di depan pentas utama untuk didemontrasi oleh pengurus madrasah Tarbiyah Idadiyah.

Salah satu nama murid yang didemontrasi itu bernama Muhammad Qinan (12) asal Besuk, Pasuruan. Ia langsung didemontrasi oleh Ketua Panitia Wisuda, Ust. Zaini Ali, dengan membaca kitab Fathul Qorib bab Najasah. Setelah aba-aba, anak dari KH. Muhibbun Aman Ali ini langsung membaca dengan santai dan benar. Sontak ketika itu peserta yang hadir dibuat kagum akan kelihaiannya membaca kitab kosongan.

Setelah membaca kitab, Ust. Zaini Ali menanyakan setiap kedudukan lafad yang dibaca dan menanyakan dasar nazhamnya. Lagi-lagi murid yang berada di Taqrib C ini menjawab semua pertanyaan ketua panitia wisuda dengan benar dan tangkas.

Setelah mendemontrasi, Ust. Zaini Ali menerangkan kepada peserta tentang tujuan digelarnya acara Semarak Idadiyah ini. Ia menyatakan, bahwa acara ini dimaksudkan agar para calon wisudawan istimewa yang berjumlah 184 ini bisa mengetahui teknis dan prosesi tes wisuda.

Selain itu, pria asal Bangkalan ini juga menerangkan tujuan yang paling vital diadakannya acara ini adalah untuk melatih mental para calon wisudawan.

“Biar mereka bisa tahu prosesi dan tekis tes wisuda seperti ini,” ungkap laki-laki yang menjadi wakil I MMU Tarbiyah Idadiyah ini ketika selesai mendemontrasi. Acara ini diikuti oleh 2500-an murid Tarbiyah Idadiyah baik di Idadiyah I maupun di Idadiyah II.
==
Penulis: Musaif Ali
Editor  : Muh. Kurdi Arifin

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *