Muliakan Rajab dengan Khataman Kitab Shahih Bukhari

share to

Hawatir Keliru: Peserta Rauhah Menyimak Bacaan Teman yang Sedang Membaca Kitab Shahih Bukhari

Sukses menyelenggarakan pembukaan rauhah khataman kitab Shahih Bukhari pada Jumat (23/03) yang lalu, dengan menghadirkan Habib Umar bin Muhammad as-Segaf di Masjid Jami’ Sidogiri sebagai pembaca mukadimah kitab Shahih Bukhari. Panitia rauhah kemudian melanjutkan kegiatan tersebut dengan mengamanahkan kepada masing-masing Daerah untuk mengkhatamkan dua jilid kitab Shahih Bukhari.

“Kalau dijumlah semuanya berarti Sidogiri sudah mengkhatamkan delapan kali, karena sekarang jumlah asrama di Sidogiri itu sudah mencapai 17 asrama. Jadi kalau dihitung-hitung ya sekitar delapan kali khataman,” kata Moh Khalilurrahman, anggota panitia rauhah.

Panitia menganggap kegiatan ini sangat baik. Rauhah dengan mengkhatamkan kitab Shahih Bukhari ini sering dilakukan oleh para ulama-ulama terdahulu. Kegiatan ini dilaksanakan setiap bulan Rajab dan sudah menjadi agenda tersendiri bagi TTQ (Taklimiyah wa Tahfidz al-Quran).

Pengurus daerah juga menanggapi baik kegiatan tersebut, lantaran dapat memicu semangat santri dan menumbuhkan cinta pada Hadis-hadis Nabi. Antusiasme santri sangat terlihat ketika sedang membaca kitab monumental tersebut.

“Kadang, kepada peserta khataman, kami beri jajan, es, atau semacamnya. Ya, agar kalau haus tidak usah jauh-juah cari. Lagi pula ini kan sedekah,” ujar Ustadz Kafanil Kafi, Pengurus Daerah O.

Penutupan kegiatan rauhah dilaksanakan sehari sebelum acara Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Isra’ Mikraj Nabi Muhammad, tepatnya pada tanggal malam Jumat 26 Rajab.

====
Penulis: Ach Mustaghfiri Soffan
Editor  : Isom Rusydi

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net