Tarbiyah Idadiyah: Melatih Mereka Sejak Dini dengan Musyawarah

share to
Tampak salah satu delegasi mengangkat papan nama delegasi

Tampak salah satu delegasi mengangkat papan nama delegasi

Sebagai tahap pemula dalam bidang baca kitab, pengurus Tarbiyah Idadiyah terus meningkatkan  intelektualitas semua murid-muridnya, khususnya kelas Takhassus. Oleh karena itu, untuk tahun ini Tarbiyah Idadiyah mengadakan Musyawarah Usbui’yah (mingguan) bagi murid Takhassus yang rutin diadakan di depan daerah M.

Musyawarah yang digelar malam jumat (26/15) ini, diikuti oleh dua orang utusan dari setiap kelas, mulai abjad A sampai R. selain dua utusan tadi, panitia Musyawarah, Ust. Jakfar, sengaja mengundang dua murid Idadiyah non reguler sebagai utusan demi meramaikan kegiatan ini.

Menurut Ust. Subhan selaku kepala Tarbiyah Idadiayah, musyawarah ini difungsikan agar murid lebih cakap dan berani tampil di khalayak orang banyak. Dan, di tingkat yang masih dini pun murid-murid tingkat Takhassus ditekankan untuk memahami kitab Fiqih yang mereka pelajari dengan baik. “paling tidak mereka bisa menjadi seorang Faqih junior.” Tutur beliau saat dikelarifikasi oleh redaksi.

Lebih lanjut, Ust. Subhan menjelaskan bahwa musyawarah ini sangat penting bagi mereka, “yang paling penting bagi kemajuan tingkat ini adalah, melatih mereka sejak dini,” tutur beliau melanjutkan.

Bahkan musyawarah ini bisa menjadi ajang pelatihan mental semua santri, karena di kelas lain yang setingkat belum bisa dan berani mengadakan musyawarah yang dihadapkan langsung kepada semua santri.[]

===
penulis: Muktafi Kafi
Editor  : Muhairil Yusuf

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *