Ngopi, Ngobrol Pintar Bahas Seputar Alam Gaib

share to

Lembaga Penelitian Studi Islam (LPSI) Pondok Pesantren Sidogiri menggelar acara Ngobrol Pintar (Ngopi) bareng LPSI. Acara ini digelar pada malam Jumat (19/02) dan bertempat di halaman gedung MMU as-Suyuthi. Ust. Abd. Roqib Saki dihadirkan sebagai apresiator dari materi yang dipresentasikan masing-masing utusan Forum Kajian (FK). Topik jin diangkat sebagai tema Ngopi kali ini.

Ngopi ini digelar setiap triwulan sekali. Tema yang diusung ialah permasalahan yang sedang viral atau booming di masyarakat. Pada Ngopi kali ini, topik terkait perkara gaib diangkat karena kasus ini sangat trending.

“Tujuannya ialah untuk menyikapi permasalahan yang sedang terjadi di luar, dengan sudut pandang dari masing-masing FK,” ujar Ust. Arbi Syarbini, ketua LPSI.

Terdapat lima FK dan satu utusan dari Annajah Center Sidogiri (ACS) yang dihadirkan untuk membahas alam gaib. Lima FK tersebut antara lain FK Sejarah, Muamalah, Tasawuf, Hadis, dan Tafsir.

Sistem pelaksanaannya terbagi menjadi dua sesi. Sesi pertama disampaikan oleh tiga FK: FK Sejarah untuk mengupas tuntas sejarah bangsa jin dan interaksi manusia dengan jin, FK Tasawuf untuk menjelaskan tentang benang merah sihir, dukun, dan sulap, dan FK Muamalah untuk mengutarakan hukum menyewa dukun untuk mengusir jin.

Sesi kedua disampaikan oleh FK Tafsir untuk memaparkan masalah kemungkinan melihat jin, FK Hadis untuk mengulas tentang memasukkan Jin ke dalam botol, dan ACS mengulas hukum mempercayai paranormal.

Penulis: Ulil Absor

Editor: Nur Hudarrohman

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *