PP. Miftahul Ulum Panyepen Evaluasi Metode al-Miftah ke PPS

share to

Beberapa pengurus metode baca kitab cepat ala al-Miftah lil Ulum di PP. Miftahul Ulum, Penyepen, berkunjung ke Pondok Pesantren Sidogiri guna mengevaluasi hasil pembelajaran metode baca kitab al-Miftah lil Ulum, Kamis pagi (14/04).

Rombongan yang terdiri dari tujuh orang tersebut langsung disambut oleh pengurus dan koordinator madrasah Tarbiyah Idadiyah di dhalem syeikh, rumah dinas yang pernah ditempati guru tugas asal al-Azhar, Kairo, untuk PPS.

“Alhamdulillah, dari hasil tes tadi malam, teman-teman hanya salah empat,” aku Ust. Zaini Ali, wakil kepala madrasah Tarbiyah Idadiyah. “Itu sudah menggunakan standart tes di pusat sini,” lanjut beliau meyakinkan kualitas tiga santri cilik setelah ia tes membaca kitab ala al-Miftah lil Ulum.

“Alhamdulillah kalau begitu,” kata Ust. Abdulloh Zaen, Ust. Nurul Huda, dan beberapa pengurus al-Miftah Panyepen bersambut bahagia mendengar penjelasan Ust. Zaini Ali.

Dari ruang berbeda, Ust. Qusyairi Ismail, kreator dan koordinator metode al-Miftah lil Ulum juga angkat suara. Beliau menyampaikan banyak hal terkait visi-misi Pondok Pesantren Sidogiri dengan adanya program akselerasi baca kitab ini.

“Kami di sini atas nama Tim Al-Miftah mengharap, agar metode ini bisa terus bermanfaat dan go nasional,” ungkap pria asal Sampang ini mengawali.

“Jangan berhenti di sini saja, jangka panjangnya, bagaimana sekiranya baca kitab betul-betul mengakar kuat di masyarakat. Bahkan bukan hanya bisa membaca, kita bina anak-anak kita agar bisa menghafalkan kitab-kitab salaf, karena ini memang yang diteladankan beliau-beliau,” ungkap beliau yang juga menjadi wali kelas II Tafsir-Hadis A madrasah Aliyah PPS ini.

“Dulu imam as-Suyuthi, imam Ibnu Hajar al-Atsqolani, imam an-Nawawi, juga banyak menghafalkan kitab kuning sejak kecil,” beliau menamsilkan beberapa ulama salaf panutan.

 

===
Penulis: Muhsin Bahri
Editor: Musaif Ali

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *