Habib Idrus: Jadi Pengajar Jangan Seperti Pengajar Silat

share to

Badan Tarbiyah wa Taklim Madarasi (BATARTAMA) Pondok Pesantren Sidogiri menggelar pembinaan mengajar terhadap seluruh staf pengajar Madrasah Miftahul Ulum di Kantor Sekretariat Lt. III, Rabu (10/01) yang lalu. Habib Idrus bin Muhammad al-Hasni, asal pasuruan diundang panitia untuk menjadi pemateri dalam acara tersebut.

Mengawali materinya, beliau bercerita tentang generasi paling baik, yaitu generasi Rasulullah. Beliau berpandangan, bahwa generasi menjadi yang terbaik, karena mencetak generasi-generasi hebat setelahnya, yakni generasi sahabat, dan para tabiin.

“Rasulullah bersabda, sebik-baik masa adalah masaku, kemudian zaman setelahnya, yakni para sahabat, dan zaman setelahnya, yakni masa tabiin. Oleh karena itu, kalau ingin menjadi guru terbaik, maka jangan luput dari manhaj nabawiyah,” jelas beliau.

Mengajar ala Manhaj Nabawi sendiri adalah metode pembelajaran yang sesuai dengan tuntunan yang diajarkan oleh Nabi. Seperti mendidik murid dengan akhlaqul karimah, dls.

Menjadi seorang guru, menurut Habib Idrus, selain menjadi Khadimul Ummah, juga harus bisa ishlah lil ummah, yakni membuat reformasi bagi bangsa, agar menjadi bangsa yang baik dan menjadi teladan bagi bangsa lain.

“Di dalam kelas, jadilah guru mereka. Dan di luar kelas, jadilah bapak bagi mereka. Ketika adalah salah satu dari mereka sumpek, galau atau semacamnya, rangkullah mereka,” jelas Habib Idrus.

Beliau juga menekankan, bahwa seorang guru pengajar ilmu agama, tidak boleh sama dengan pengajar ilmu pencak silat. Beliau menekankan agar memberikan seluruh ilmunya kepada sang murid, agar bisa mecetak generasi gemilang setelahnya.

“Jadi pengajar jangan seperti pengajar silat, yang mana mereka bisa di pastikan menyimpan jurus andalannya, agar tidak bisa dilangkahkan oleh murid-muridnya,” lanjut beliau tersenyum.

====
Penulis: Ach Mustaghfiri Soffan
Editor  : N. Shalihin Damiri

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *