Jaring Penulis Produktif, BPP Galakkan Pelatihan Jurnalistik

share to
Muh Kurdi Arifin, Wakil II BPP, saat mengisi teknik menulis berita pada para peserta.

Muh Kurdi Arifin, Wakil II BPP, menjelaskan teknik menulis berita terhadap para peserta.

Untuk kesekian kalinya instansi Badan Pers Pesantren (BPP) Pondok Pesantren Sidogiri (PPS) kembali menggelar pelatihan dan praktek menulis yang dikemas dalam acara Pelatihan Jurnaslik Dasar. Kegiatan ini merupakan agenda rutinan Badan Pers Pesantren yang diadakan sebulan sekali dan diikuti oleh santri non redaksi sebanyak 20 peserta.

Pelatihan Jurnalistik  ini digelar mulai Sabtu malam hingga Selasa pagi (07-10/01). Para Peserta dibekali beberapa ilmu kepenulisan, seperti; wawasan jurnalistik pesantren, dasar-dasar menulis artikel keislaman, teknik menulis berita serta liputan.

Pelatihan ini bertujuan untuk menjaring potensi baru dalam bidang literasi yang nantinya akan menjadi pertimbangan perekrutan redaksi di 22 media PPS. Kegiatan ini dibimbing oleh para penulis muda PPS dengan menggabungkan metode pemaparan materi dan praktek menulis secara langsung.

“Tanpa pratek, sia-sia mengikuti pelatihan walau sampai seribu kali pun. Karena tidak ada penulis yang lahir dari bangku pelatihan. Maka dari itu menulislah saat ini juga dan segera kumpulkan. Satu hal yang perlu diingat, nilai seorang jurnalis itu terletak pada kecepatan mengelolah berita dan kevaliditas data,” tegas Muh Kurdi Arifin, Wakil II BPP, saat mengisi teknik menulis berita pada para peserta.

Selain mengelar pelatian jurnalis dasar, BPP juga kerap mengelar pelatihan jurnalistik menengah bagi redaksi yang sudah aktif di media PPS, termasuk juga mengadakan orientasi insan pers. Hal ini sebagaimana yang dituturkan oleh Muhsin Bahri TU BPP.

InsyaAllah pada malam Ahad mendatang (15/01), BPP akan mengundang Kang Ube (Ahmad Zubaidillah, red) dari Jawa Pos Radar Bromo untuk mengisi pelatihan Foto Jurnalistik. Ini juga bisa diikuti oleh teman-teman redaksi yang tidak fokus pada fotografer,” ungkap penulis buku Singa Pondium saat ditemui di tempat berbeda.[]

===

Penulis : N Shalihin Damiri
Editor  : Muh Kurdi Arifin

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *