KH. Marzuki Mustamar: Harus Selektif Dalam Memilih Guru

share to

Khidmad: Para santri, wali santri dan simpatisan khidmad menyimak tausiyah dalam acara Haul Masyayih Sidogiri.

Sebodoh-sebodohnya orang awam, selagi mengikuti gurunya, apalagi mengikuti para ulama salafus sholeh yang tersambung sanadnya, maka akan amaliyah benar. Hal terkait ketersambungan sanad inilah yang disampaikan oleh KH. Marzuki Mustamar dalam acaranya Haul Masyayih Pondok Pesantren Sidogiri & Halal bi Halal konsulat Malang, yang bertempat di Pondok Pesantren Annur II Bululawang ini, Ahad (02/07).

Menurutnya, banyak sekali orang yg tidak bisa mengaji Al Quran dan baca Kitab. Namun baca Yasin bisa sesuai dg tajwid, mimpin tahlil bisa, jadi imam sholat, sholatnya benar. Hal tersebut membuktikan jika orang tersebut mendapat barokahnya manut kepada guru.

“Apalagi mengikuti guru seperti para Masyayih Sidogiri. Kita mengikuti Kiai  Nawawi bin Abdul Jalil. Jika dirunut bersambung ke Syayid Sulaiman Mojo Agung, dirunut lagi tersambung kepada Sunan Gunung Jati. Secara nasab dan syanad terus berkesinambungan sampai Rasulullah.” Jelasnya secara runtut menyebutkan mata rantai keilmuan Pondok Pesantren Sidogiri.

Dalam kesempatan ini, Ulama Ahlus Sunnah wal Jamaah yang juga menjabat sebagai Anggota Komisi Fatwa MUI Malang ini, juga menyitir sabda Rasulullah yang menjelaskan pentingnya sanad keilmuan. “Ilmu adalah bagian dari agama, maka selektiflah dalam memilih guru” ujarnya.

Kegiatan ini merupakan serangkaian agenda tahunan atas kerjasama Pengurus ISS (Ikatan Santri Sidogiri) dan IASS (Ikatan Alumni Santri Sidogiri) Konsulat Malang yang digelar pada hari liburan santri. Kegiatan serupa juga dilaksanakan di semua wilayah konsulat yang lain di daerah masing-masing; Diantaranya Konsulat Jabodetabek, Kalimantan, Surabaya, Jember, dan Madura, yang terbagi di beberapa titik.[]

Penulis : Ach. Mustaghfiri Soffan

Editor   : Muh Kurdi Arifin

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net