Pelatihan Fotografi: Kemampuan dan Kreatifitas Memotret Adalah Kuncinya

share to
Ahmad Dzulkifli memaparkan materinya di hadapan redaksi media Pondok Pesantren Sidogiri

Ahmad Dzulkifli memaparkan materinya di hadapan redaksi media Pondok Pesantren Sidogiri

Badan Pers Pesantren (BPP) Pondok Pesantren Sidogiri adakan pelatihan fotografi pada hari Jumat (30/10). Acara yang digelar di Ruang Umum Perpustakaan ini mendatangkan Ahmad Zulkifli, freelance fotografer dari Bangil Pasuruan.

Acara digelar guna meningkatkan kualitas dan wawasan fotografer media-media Pondok Pesantren Siodgiri. “Kedepan, media-media PPS dalam memberi ilustrasi diharapkan tidak melulu tergantung terhadap internet. Jadi ilustrasi kita bisa membuat sendiri melalui jepret kita. Jangan melulu mengambil foto di internet,” ungkap Kurdi Arifin, Wakil II BPP dalam sambutanya.

Sementara Cak Kip panggilan akrab Ahmad Zulikifli menjelaskan panjang lebar terkait fotografi. “Orang yang memotret itu berbeda hasilnya dengan fotografer,” jelasnya, setelah sebelum menjelaskan berbagai kegunaan tombol-tombol kamera DLSR dan tehnik memotret seperti shuter speed, blur, pengaturan ISO, deal mode button, dan lain sebagainya.

Menurutnya “ Kamera Itu tidak menjamin bagus dan tidaknya foto, tapi tehnik, skill dan angel yang membedakannya”, imbuh mantan redaksi Mading Maktabati  tersebut.

Dalam pelatihan ini mantan redaksi Buletin Nasyith itu tidak hanya mengajarkan teori, namun para peserta juga diajarkan  praktek langsung dan hasil fotonya dikoreksi bersama. agar peserta tidak hanya memahami secara teori, “Praktek, praktek dan praktek agar kualitas foto kita terus meningkat,” jelasnya.[]

===
Penulis : Abrori Ahmadi
Editor   : Muh. Kurdi Arifin

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *