Biaya Administrasi Sidogiri Diwajibkan Menggunakan Kartu E-MAAL

share to

Bentuk kartu E-maal berwarna hijau dilengkapi logo toko “Basmalah”

Tercatat sejak (25/10/39) dalam rangka memenuhi kebutuhan santri, Pengurus Pondok Pesantren Sidogiri membuat undang-undang baru terkait administrasi santri. Aturan tersebut berupa kewajiban santri menggunakan Kartu e-maal disetiap pembayaran yang berkaitan dengan kebutuhan santri setiap harinya. Langkah ini diambil dalam rangka mempermudah santri dan wali santri dalam mengatur biaya hidup. Beda halnya dengan uang tunai yang harus bolak-balik ke ATM untuk mengambil uang.

Untuk prosedur pembuatan kartu bisa dilakukan di semua cabang toko Basmalah, wali santri bisa melakukan  top-up saldo di toko Basmalah terdekat. Selain memenuhi kebutuhan santri, kartu ini juga bisa digunakan untuk semua pembayaran yang berkenaan dengan Iuran santri seperti; Ianah Maslahah, surat salinan dll.

“Agar bisa praktis dan cepat. Untuk yang berkaitan dengan admnistrasi tinggal menyebutkan No. Induk Santri  (ID). selepas membayar , wali santri akan mendapatkan slip pembayaran. Slip tersebut diserahkan kepada petugas pelayanan admininstrasi di Kantor Sekretariat Pondok Pesantren Sidogiri,” Ucap Nanang Qosim, staf pelayanan kantor Skretariat

“Masih sering dijumpai, selesai transaksi pembayaran slip yang di wali santri tidak disetorkan, bahkan sampai ada yang mengaku hilang. Akibatnya, administrasi yang seharusnya lunas jadi tidak lunas karena tidak menyetorkan slip transaksi, padahal slip itu sebagai tanda bukti,” lanjut Nanang Qosim.

Pengurus menekankan program ini terealisasi dengan cepat dan baik, bahkan pada ajaran tahun mendatang semua sistem pembayaran termasuk pembayaran makan di koperasi dan lain sebagainya menggunakan kartu e-maal. Tidak jauh beda dengan pernyataan Ust. Abror, untuk tahun depan seluruh kegiatan pembiayaan dan administrasi wajib menggunakan e-maal.

“Untuk tahun mendatang, Insya Allah semua sistem pembayaran di Pondok Pesantren Sidogiri diharuskan menggunakan kartu e-maal, baik yang berkaitan dengan administrasi pesantren atau kebutuhan sehari-hari,”  jelas Ust. Abror, staaf pelayanan disela-sela kesibukannya.

=====

Penulis: A. Farid Muflihin
Editor: N. Shalihin bin Damiri

 

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Chat WA dengan kami