LPBAA Adakan Pelatihan di PP. Miftahul Ulum, Penyepen

share to

Untuk kali pertamanya, pengurus Lembaga Pengajaran Bahasa Arab dan Asing (LPBAA) Pondok Pesantren Sidogiri mengadakan palatihan bahasa Arab dan Inggris di luar PPS, Jumat (11/03).

Pelatihan yang digelar di Pondok Pesantren Miftahul Ulum, Penyepen, Pamekasan, tersebut diikuti oleh semua dewan guru bahasa Arab dan Inggris yang mengajar di Pusat Bahasa Arab (PBA).

Dalam pelatihan ini, Ust. Mahbub Shonhaji, selaku kepala LPBAA, menjadi narasumber untuk melatih peserta tentang metode pengajaran bahasa Arab yang efektif.

Menurutnya, ada empat maharah yang harus dikuasai ketika belajar bahasa Arab. Empat maharah tersebut ialah maharah istima’, maharah qira’ah, maharah kalam, dan maharah kitabah.

“Sekiranya dalam empat maharah tersebut santri benar-benar bisa mengaplikasikannya dalam bentuk yang nyata dan mempraktekkannya secara berulang-ulang,” jelas laki-laki asal Pasuruan ini di hadapan para peserta pelatihan.

Laki-laki yang juga menjadi staf pengajar MMU Tsanawiyah ini juga memberikan selingan dalam pembelajaran bahasa Arab. Ia mengatakan bahwa pembelajaran bahasa Arab itu harus diselingi  dengan game-game yang sederhana agar peserta didik tidak mengalami kejenuhan.

“Terakhir ada game yang sekiranya dalam pembelajaran tidak jenuh dan penat,” imbuhnya kepada pengajar bahasa Arab dan Inggris di Pusat Bahasa Arab (PBA) yang menurut sejarah didirikan oleh guru tugas dari Pondok Pesantren Sidogiri.

 

===
Penulis: Musaif Ali
Editor: Muh. Kurdi Arifin

 

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *