Beberapa Tingkatan dan Materi Pengajian al-Quran di Sidogiri

share to

Madrasah Taklimul Quran (MTQ) adalah program dan kegiatan yang berada di bawah naungan Taklimiyah Wa Tahfidz al-Quran (TTQ), yang dijalankan guna mengatur pendidikan al-Quran di Sidogiri. Peserta MTQ terdiri dari santri yang duduk di kelas I’dadiyah, Ibtidaiyah dan Tsanawiyah.

Setiap tingkatan MTQ ditempuh selama satu semester yang dibagi menjadi enam tingkatan dengan rincian sebagai berikut: 1. Marhalah satu. Target yang harus dicapai adalah lancar dan fasih membaca Juz Amma serta bisa menguasai Makhraj huruf dan memahami sifat huruf menggunakan materi Tadrib al-Lisan. 2. Marhalah dua. Target yang harus dicapai adalah lancar dan fasih membaca Juz 11 s.d Juz 12 serta bisa menguasai dasar ilmu tajwid menggunakan materi Mabadi’ Fi Ilmi Tajwid. 3. Marhalah tiga. Target yang harus dicapai adalah lancar dan fasih membaca Juz 13 s.d Juz 16 serta bisa menguasai bacaan gharib menggunakan materi Dalail at-Tilawah. 4. Marhalah empat. Target yang harus dicapai adalah lancar dan fasih membaca Juz 17 s.d Juz 22 serta bisa menguasai pembahasan seputar waqaf menggunakan materi Mabadi fi Ilmi at-Tajwid. 5. Marhalah lima. Target yang harus dicapai adalah lancar dan fasih membaca Juz 23 s.d Juz 30 serta bisa memahami kaidah-kaidah rasm dalam mushaf Usmani menggunakan materi I’jaz al-Bayan. 6. Marhalah enam. Target yang harus dicapai adalah lancar dan fasih membaca keseluruhan 30 juz al-Quran serta memahami rahasia-rahasia yang terkandung dalam kaidah-kaidah mushaf Usmani menggunakan materi Dalail al-Mubin.

Setelah manyelesaikan seluruh tingkatan, santri bisa mengikuti program lanjutan dari MTQ yang diberi nama dengan pasca MTQ, yang memiliki motto utama “Mengantarkan Mutaallim untuk mengusai ilmuQira’ah sab’ah” sesuai dengan kaidah yang benar dan tepat.

“Menurut kami, program MTQ ini sudah sangat bagus, karena mutaallim tidak hanya dituntut untuk lancar membaca al-Quran, tapi juga bisa memahami ilmu al-Quran yang lain seperti gharaib, wakaf dan ibtida’, memahami rahasia-rahasia al-Quran, dan lain sebagainya sesuai dengan tingkatan masing-masing.” Ungkap salah satu Muallim MTQ, pada malam Selasa (05/08).

 

_____

Penulis: Kanzul Hikam

Editor: Saeful Bahri bin Ripit

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *