Drs. Jailani Abdillah; Pemimpin Jangan Berpikir Bagaimana Enaknya

share to

FOKUS: Peserta Pelatihan leadership Mendengarkan Penjelasan Drs. Jailani Abdillah

Guna meningkatkan kualitas Guru Ranting. MMU Ibtidaiyah menggelar pelatihan leadership (Kepemimpinan), bagi seluruh Kepala Madrasah Ranting se-Jawa dan Madura Rabu (24/08). Kegiatan tersebut bertempat di Aula Kantor Sekretariat Lt; III. Pengurus MMU Ibtidaiyah mengahadirkan Drs. Jailani Abdillah, Alumni Sidogiri sekaligus staf pengajar MMU Aliyah Pondok Pesantren Sidogiri sebagai narasumber.

“Ada yang bertanya pada saya, ‘kenapa madrasah saya kok nggak maju-maju?’ Saya jawab, itu karena pemimpinnya sampean. Seandainya sampean maju, maka madrasah sampean akan maju,” papar Drs. Jailani, diiringi dengan gelak tawa hadirin.

Jebolan IAIN Sunan Ampel ini juga mengatakan, seorang leader (pemimpin), penting mengetahui menejemen yang akan dihadapi, karena jika tidak, maka hanya akan menimbulkan banyak masalah.

Selain itu Pendiri Yayasan Ibnu Husain Surabaya ini juga mengatakan, bahwa menejemen terbaik adalah menejemen Allah dalam mengatur alam semesta, karena menurutnya Allah memberdayakan bagian-bagian yang lain seperti malaikat, nabi dan sebagainya.

Lebih lanjut menurut beliau, pemimpin juga harus berpikir bagaimana cara menyelesaikan kendala yang terjadi di madrasah atau sekolah masing-masing, bahkan menjadikan masalah tersebut sebagai peluang.

“Jadi pemimpin, jangan berpikir bagaimana enaknya, tapi bagaimana baiknya dan benarnya, agar madrasah sempean baik dan benar,” imbuh alumnus PPS tahun 1980-an ini.

====
Penulis : Ach. Mustaghfiri Soffan
Editor   : Afifurrohman

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *