Tempat yang Disediakan untuk Tamu

share to


Libur Hari Raya Idul Adha menjadi momen tersendiri bagi wali santri yang hendak menjenguk putranya di Sidogiri. Namun, bila setengah saja dari belasan ribu santri kiriman, sedangkan balai tamu hanya terdiri dari satu lantai, bisa dibayangkan betapa sesak balai tamu.

Dari itu, Pengurus Pondok Pesantren Sidogiri menyiapkan beberapa tempat strategis, selain balai tamu. Berikut tempat-tempat strategis di Sidogiri, versi sidogiri.net.

Mabna al-Ghazali

Gedung pertama di Sidogiri yang memiliki empat laintai ini, menjadikan tempat ini paling nyaman, untuk melepas rindu bersama sanak-saudara yang sedang mondok di Sidogiri. Namun, hanya saat tertentu saja gedung ini bisa ditempati tamu. Termasuk hari raya.

Di hari raya pun, gedung ini menjadi satu-satunya gedung yang bisa ditempati oleh tamu. Dibanding dengan halaman, gedung ini terbilang lebih efektif, dikarenakan tahan hujan, dan tidak tersengat terik matahari.

Halaman Gedung  

Halaman Gedung as-Suyuthi, al-Jadid dan al-Ghazali ini menjadi salah-satu tempat strategis, sebab lokasinya yang terbuka lebih memudahkan santri menemukan wali santrinya. Selain itu, tempat ini juga dekat dengan balai tamu, atau bisa lebih dekat ke toilet. Namun, jangan menempati Mabna as-Suyuthi dan Mabna al-Jadid bagian dalam. Selain dilarang, tempat ini juga sangat tertutup.

____

Penulis: Muhammad ibnu Romli

Editor: Saeful Bahri bin Ripit

 

Postingan ini sekaligus menjadi ralat akan berita yang berjudul, “3 Tempat Strategis untuk Tamu Saat Lebaran”. Tulisan yang diposting satu jam yang lalu itu, diralat lantaran ada perubahan. Mulanya, tim perumus menyatakan al-Jadid boleh ditempati. Kemudian, ada titah langsung oleh pengurus harian agar tempat menjumpai santri fokus di Mabna al-Ghazali saja. Sekian!

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net