Gema Takbir Idul Adha Sidogiri 1440 H

share to

Lantai I penuh, terisi santri Idadiyah Daerah J yang mendapat bagian pertama Takbir Massal

Malam Ahad (10/08), takbir massal bertajuk Gema Takbir Idul Adha untuk  16 daerah asrama santri Pondok Pesantren Sidogiri  berlansung secara bergantian dimulai pukul 07.30 sampai dengan pukul 03.30 waktu setempat. Untuk jadwal yang pertama adalah Daerah J, yang terdiri dari santri Idadiyah di bawah usia 14 tahun. Masing-masing daerah diberi waktu selama 30 menit. Lokasi bertempat di Masjid Jami’ Sidogiri lantai I sebelah utara. Sebagai pengawas kegiatan adalah Instansi Bagian Ubudiyah di bawah koordinasi Ketua III Pondok Pesantren Sidogiri, Mas H.M Abdul Djalil Kamil.

“Kami dari Ubudiyah dalam menyambut Idul Adha ini ada takbir massal, berjamaah, yang diberi nama Gema Takbir Idul Adha yang dimulai pada jam setengah delapan Wis sampai 3.30 Wis, bergantian mulai dari daerah A sampai P dan Z, tiap daerah itu adalah bergantian setiap 30 menit, untuk penjagaannya adalah dari pengurus daerah serta temen-temen Wastib (Pengawas dan ketertiban Masjid, red)”, jelas Ustadz Muzammil selaku Kepala Bagian Ubudiyah.

Beliau juga menambahkan keterangan tentang persiapan pelaksanaan shalat Idul Adha besok pagi.

“Sama seperti pada kegiatan Shalat Jumat, tidak ada perbedaan jauh, hanya saja shalat Idul Adha dimulai jam 06.45 maka teman-teman santri maksimal harus keluar dari daerah pukul 06.00 Wis (Waktu istiwa’, red), jadi persiapan kita hanya 45 menit untuk merapikan shaf santri”, jelas sosok yang dikenal tegas oleh bawahannya ini.

Untuk Asmara Daerah I, karena posisinya paling jauh di luar area dalam Pondok Pesantren Sidogiri, maka pelaksanaan Takbir Massal berada di surau Daerah I. Selain itu, agar lebih kondusif bagi pengurus daerah I dalam mengontrol warganya yang tambah banyak.

__________

Penulis  : Musafal Habib

Editor     : Saeful Bahri bin Ripit

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *