Marhaban Ujian Qiraah Kitab

share to

Selasa pagi (18/02) ujian baca kitab khusus peserta Imtihan Niha’i (Imni) tingkat Aliyah dilaksanakan, dengan memakan waktu beberapa jam saja. Untuk Imni tingkat Tsanawiyah, ujian qiraah kitab ini sudah dimulai semejak dua hari sebelmnya, Ahad (16/02). Berbeda dengan tahun sebelumnya, lantaran ujian baca kitab dimajukan.

“Kayaknya ujian tahun ini lebih maju dari sebelumnya. Untuk Aliyah sendiri, malah cukup sehari,” terang Ust. Qusyairi Kinawi, salah-satu juri qirah kitab.

Mengenai baca kitab memang termasuk materi yang di prioritaskan. Sejak kelas satu, materi baca kitab tergolong fan pokok. Di kelas dua malah menjadi persyaratan.

Untuk di Aliyah sendiri, ujian qiraah kitab berkembang. Saat di Tsanawiyah, peserta memaknai kitab pakai kitab sendiri yang sudah dimaknai. Di Aliyah, membaca ujian baca kitab dengan praktik memaknai langsung ke kitab gundul.

Muhammad ibnu Romli | sidogiri.net

share to

Miromly Attakriny : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *