share to

BAGIAN KEBERSIHAN LINGKUNGAN

Bagian Kebersihan Lingkungan (Sihli) adalah instansi yang bertugas menangani masalah kebersihan lingkungan di Pondok Pesantren Sidogiri. Petugas SIHLI rutin membersihkan area Pondok Pesantren Sidogiri sebanyak tiga kali setiap hari. Dengan demikian stabilitas kebersihan lingkungan Pondok Pesantren Sidogiri dapat terjaga dengan optimal. Sehingga tercipta lingkungan Pondok Pesantren Sidogiri yang BASIT (Bersih, Aman, Sehat, Indah, dan Tertib).

Visi

  • Terciptanya lingkungan Pesantren yang bersih, nyaman, dan indah untuk mendukung penyelenggaraan seluruh kegiatan di Pondok Pesantren Sidogiri.

Misi

  • Menciptakan lingkungan yang bersih, nyaman, dan indah di setiap lingkungan dan area Pondok Pesantren Sidogiri.
  • Mewujudkan pelayanan kebersihan secara maksimal
  • Mewujudkan kesadaran dan kepedulian atas kebersihan dan pelestarian lingkungan.

Kilas Balik

Latar belakanag dibentuknya Instansi SIHLI adalah jumlah santri yang kian tahun semakin bertambah sehingga menjadikan lingkugan Pondok Pesantren Sidogiri cukup padat dan berdampak pada perawatan lingkungan dan kebersihan yang perlu ditangani secara intens. Kemudian dibentuklah unit khusus yang menangani perawatan dan kebersihan lingkungan yang diberi nama dengan Bagian SIHHAT (Kebersihan dan Kesehatan). Dan semenjak tahun kepengurusan masa khidmah 1428-1430 H. terjadi perubahan nama pada instansi ini menjadi Bagian SIHLI (Kebersihan dan Lingkungan).

Fungsi dan Tugas

Secara struktural Bagian SIHLI berada di bawah koordinasi Ketua IV Pondok Pesantren Sidogiri. Dalam hal kepengurusan, SIHLI dipimpin oleh satu Kepala Bagian (Kabag) yang bertugas mengatur, membina, dan mengawasi pelaksanaan tugas dan program kebersihan.

Di bawah koordinasi Kabag SIHLI, terdapat unit-unit khusus yang memiliki fungsi dan tugas berbeda, sebagai berikut:

  1. Kebersihan Jemuran, Jeding, dan Sungai (KJJS).

Bertugas menjaga kebersihan dan fasilitas kamar mandi, sungai, dan jemuran. KJJS memiliki jadwal rutin (harian dan mingguan) dalam membersihkan, menguras, menyapu, dan menjaga kebersihan kamar mandi, cuci, dan kakus (MCK), tempat jemuran pakaian santri, dan sungai.

  • Kebersihan Jemuran, Jeding, dan Sungai Daerah I (KJJI).

Bertugas menangani kebersihan fasilitas yang berada di Daerah I. Meliputi jemuran, jeding, dan sungai Daerah I. Petugas KJJI ini khusus santri yang bermukim di Daerah I. Dibentuknuya petugas KJJI secara khusus ini mempertimbangkan lokasi Daerah I  yang berjauhan dengan daerah-daerah lain dan memerlukan penanganan dan fasilitas tersendiri.

  • Petugas Kebersihan Umum (PKU).

Bertugas menyapu area Pondok Pesantren Sidogiri sebanyak tiga kali sehari yaitu pagi (07: 30-selesai), siang (12:30-selesai), dan sore (17:15-selesai). Sehingga dengan adanya operasi ini area Pondok Pesantren Sidogiri benar-benar bisa terjaga kebersihannya. PKU juga menggalang gerakan kebersihan yang disebut dengan Operasi Semut. Gerakan ini merupakan upaya penyadaran kepada santri perihal kebersihan dan kerapian lingkungan.  

Program Kerja

SIHLI merupakan mitra kerja Klinik Sidogiri dengan spesifikasi tugas yang saling melengkapi; Bagian SIHLI bertugas mencegah dan mengantisipasi kemungkinan munculnya penyakit yang dikhawatirkan menjangkit para santri dengan cara menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat; sementara Klinik Sidogiri bertugas mensosialisasikan pola hidup sehat dan mengobati penyakit yang sedang diderita santri.

Salah satu upaya yang digalakkan oleh SIHLI adalah program peningkatan cinta lingkungan di Pondok Pesantren Sidogiri. Petugas SIHLI bergerak ke Daerah-Daerah untuk menyelenggarakan penyuluhan dan sosialisasi pelestarian lingkungan secara berkala. Begitu juga setiap bulannya, SIHLI mengadakan koordinasi dengan pengurus Daerah guna menangani perawatan sarana kebersihan dan menjadwal piket kebersihan di setiap daerah. Selain itu, setiap Jumat pagi SIHLI melakukan kerja bakti di area strategis Pondok Pesantren Sidogiri. Seperti menyapu halaman madrasah, gedung-gedung perkantoran, dan membersihkan selokan air di lingkungan Pondok Pesantren Sidogiri.

Adapun program SIHLI yang diselenggarakan secara intens demi menjaga kebersihan lingkungan Pondok Pesantren Sidogiri adalah sebagai berikut:

  • Piket Kebersihan Harian.

Seluruh lingkungan Pondok Pesantren Sidogiri secara rutin dibersihkan tiga kali sehari, pagi, siang, dan sore, sehingga kebersihan dan kesehatan dapat selalu terpelihara dan terjaga.

  • Kerja Bakti Daerah

Semua Daerah di Pondok Pesantren Sidogiri melakukan kerja bakti guna membersihkan daerah masing-masing. Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap Jumat pagi setelah kegiatan pembacaan surat al-Kahfi. Jadwal kebersihan ditentukan oleh pengurus bagian kebersihan Daerah menurut pembagian kamar masing-masing. Kerja bakti ini meliputi menyapu lantai, halaman, membersihkan debu di jendela, dan membuang sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).   

  • Membersihkan MCK

Bagian KJJS, setiap malam Jumat membersihkan jeding selatan secara total. Semua petugas di tiap tingkatan dikerahkan untuk membersihkan, menguras, mengepel, dan mengganti air jeding. Selain itu, petugas KJJS juga membersihkan secara total jeding utara yang berada di bawah Daerah J setiap Senin malam. 

  • Membersihkan Sungai

Selain kamar mandi, sungai juga masih digunakan untuk fasilitas mencuci pakaian dan tempat mandi para santri. Maka dari itu, kebersihan sungai juga dipelihara dan dijaga untuk mewujudkan sarana yang mendukung kegiatan santri.  

  • Operasi Semut

Gerakan kebersihan ini digalang oleh Petugas Kebersihan Umum (PKU) dalam mewujudkan lingkungan yang BASIT (Bersih, Aman, Indah, dan Tertib) di Pondok Pesantren Sidogiri. Gerakan operasi semut ini meliputi penataan sandal dengan rapi, membuang sampah pada tempatnya, dan membersihkan Daerah-Daerah (asrama) santri setiap hari sesuai jadwal kebersihan Daerah masing-masing.

  • Menyediakan Fasilitas Jemuran

Guna menciptakan kerapian dan kebersihan, SIHLI menyediakan fasilitas tempat menjemur pakaian untuk seluruh santri. Faktor utama penyediaan sarana ini adalah agar santri tidak menjemur pakaian di sembarang tempat termasuk juga di Daerah-Daerah.

  • Kerja Bakti Madrasah

Khusus untuk menjaga kebersihan gedung madrasah di Pondok Pesantren Sidogiri, Kepala Madrasah MMU membuat jadwal kerja bakti untuk membersihkan gedung madrasah dan sekitarnya. Kerja bakti ini dibebankan kepada setiap kelas yang telah ditentukan oleh Kepala Madrasah. Dilaksanakan setiap hari setelah kegiatan ektrakulikuler (pagi dan sore). Dan setiap pekan menurut jadwal masing-masing yang telah ditentukan.

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Trackbacks/Pingbacks

  1. Sihli Siap Kerja Sama dengan Tibkam Guna Menindak Santri yang Buang Sampah Sembarangan - Pondok Pesantren Sidogiri | Pondok Pesantren Sidogiri - […] Kebersihan Lingkungan (Sihli) Pondok Pesantren Sidogiri kembali mengadakan koordinasi bulanan pada malam Ahad, (14/10). Acara […]

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *