Program Baru untuk Mewujudkan Sidogiri Bersih

share to

Sidogiri.net – Demi mewujudkan Sidogiri bersih pengurus bagian kebersihan lingkungan (Sihli) Pondok Pesantren Sidogiri membuat terobosan baru berupa penjagaan kebersihan di setiap area pesantren. Kegiatan ini dimulai hari Selasa (10/12), bertepatan dengan momen Hari Raya Idul Adha.

Sidogiri.net
Dua orang petugas menjaga di pos yang telah ditentukan

Program penjagaan kebersihan ini berawal dari intruksi Katib Majelis Keluarga, Mas d. Nawawy Sadoellah yang menginginkan kesadaran santri tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. “Beliau memang ingin menumbuhkan pada jiwa santri tentang pentingnya menjaga kebersihan yang timbul dari dirinya sendiri tanpa harus menunggu adanya petugas yang membersihkan,” kata Ust. Abdul Latif, Kepala Bagian (Kabag) Sihli.

Penjagaan ini melibatkan semua santri aktif Pondok Pesantren Sidogiri dengan mengutus dua orang perwakilan dari tiap daerah (asrama). Masing-masing utusan menempati pos yang sudah ditetapkan. Terdapat sekitar enam belas pos. Setiap pos dijaga oleh dua orang petugas, kecuali di tempat yang rawan kotor. Penjagaan ini dibagi menjadi enam sif setiap hari. Setiap sif memiliki durasi jaga tiga jam. Sif pagi dijaga oleh murid Tsanawiyah, sif siang oleh murid Ibtidaiyah dan sif malam murid Aliyah. Khusus hari Jumat penjagaan dilakukan oleh semua guru yang berdomisili di Pondok Pesantren Sidogiri.

Kegiatan ini akan terus dilakukan dan dikembangkan. “Untuk sekarang karena masih baru berjalan, kami lakukan seadanya saja. Untuk selanjutnya, akan terus dikembangkan dan ditingkatkan,” tegasnya.

Harapan dari pengurus, semua santri supaya mendukung penuh kegiatan ini agar bisa berjalan dengan baik dan agar apa yang dinginkan pengurus bisa terealisasi.

Penulis: Muhammad Noval

Editor: Moh Kanzul Hikam

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

2 Comments

  1. Alhamdulillah kami sebagai wali santri atas nama ( Dloyf Ibrohim, M.13 ) dari Situbondo sangat mendukung dan mengapresiasi program tersebut, semoga program tersebut bisa berkelanjutan aamiin.

    Post a Reply
  2. Sangat setuju dan seharus begitu.dan semoga ini terus berjalan

    Post a Reply

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *