Cegah DBD, Klinik Sidogiri Fogging Seluruh Area Pesantren

share to
Salah satu petugas mengasapi asrama santri

Jumat pagi (16/10) Klinik Sidogiri melakukan fogging (pengasapan insektisida) sebagai antisipasi dan pencegahan pembiakan nyamuk dan hewan-hewan yang dapat menyebarkan penyakit semisal kecoa, tikus, kutu busuk, dan sebagainya. Semua area di Pondok Pesantren Sidogiri tidak luput dari pengasapan ini, terutama yang berindikasi menjadi sumber penyakit malaria dan DBD, seperti selokan air, kamar mandi, tempat sampah, dan daerah pemukiman.

Baca Juga: Klinik Sidogiri Perketat Menu Makanan Pasien Rawat Inap

Area pesantren ketika diasapi

Pengasapan ini merupakan agenda Klinik Sidogiri yang dilakukan dua kali setiap tahunnya. “Tujuannya adalah untuk membunuh sebagian besar nyamuk yang infektif dengan cepat. Di samping memutus rantai penularan, juga menekan jumlah nyamuk agar risiko penyakit DBD juga menurun,” jelas Ust. Hatta Hamid, Kepala Klinik Sidogiri.

Petugas mengisi bahan bakar alat fogging

Dalam pengasapan kali ini 10 orang dikerahkan ke seluruh area pesantren yang terbagi menjadi menjadi dua kelompok. Dua mesin yang digunakan dalam pengasapan ini menghabiskan 60 liter solar, 15 liter bensin dan 6 liter obat seruni. Petugas mulai menyemprot pada pukul 06:30 WIS dan selesai sekitar pukul 09:00 WIS.

Petugas berfoto bersama setelah mengasapi seluruh area pesantren

______

Penulis: Moh Kanzul Hikam

Editor: Saeful Bahri bin Ripit

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *