Bentengi Akidah dengan Kursus Annajah

share to

_MG_0811

Ust. Qoimuddin saat menjelaskan materi akidah Ahlussunnah Waljamaah

Di tingkat Tsanawiyah, para murid tidak difokuskan pada Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) saja, tetapi juga ada kegiatan ekstrakurikuler berupa kursu yang difokuskan pada pendalaman materi Ahlusunah wal Jamaah. Kursus ini ditangani oleh Organisasi Annajah (Ahlusunah wal Jamaah).

Didalam organisasi Annajah ini terdapat tiga tingkatan. Annajah I untuk kelas satu, Annajah II untuk kelas dua, dan Annajah III untuk kelas tiga.

Minggu  (15/12), Annajah seperti biasanya mengadakan kursus di gedung An-Nawawi Lt. II, dengan tema akidah. Sedangkan yang menjadi narasumber adalah Ust. Qoimuddin, asal Bangil.

Dalam pemaparannya, beliau menjelaskan bahwa akidah Ahlusunah harus mendapat perhatian khusus terutama di masyarakat. “Kita di masyarakat tidak hanya bisa menguasai berbagai macam ilmu, tapi juga harus paham betul pada akidah Ahlussunah,” jelas pria yang sekaligus menjadi staf pengajar di MMU Aliyah ini.

Di dalam kursus Annajah ini terdapat dua materi tetap, akidah dan tasawuf. Yang bertindak sebagai narasumber di Annajah I diantaranya; Ust. Qusyairi Ismail, KH. Muzakki Birrul Alim, Ust. Abdul Hamid. Sedangkan narasumber Annajah II adalah Ust. Qoimuddin dan Ust. Sholeh Romli. Untuk narasumber di Annajah III adalah KH. Muhibbul Aman Aly dan KH. Abdurrahman Syakur.

Diluar hal itu, pengurus Annajah mengadakan diskusi hasil kursus selama dua bulan sekali. Dengan tujuan mengevaluasi hasil yang telah diperoleh selama kursus dan untuk mempertajam pemahaman-pemahaman Aswaja. “Setiap dua bulan sekali, kami mengevaluasi hasil kursus,” ungkap Alil Wafa, selaku koordinator Annajah.

==
Penulis:  M. Saifuddin Ali
Editor: Zainuddin Rusdy

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net