Kini Penerbitan Kartu Tanda Santri Selesai Sehari

share to

Petugas sedang melakukan pencetakan Kartu Tanda Santri

Petugas sedang melakukan pencetakan Kartu Tanda Santri

Mulai tahun ajaran ini, santri Pondok Pesantren Sidogiri dan Murid Madrasah Miftahul Ulum tidak perlu penunggu lama dalam proses penerbitan Kartu Tanda Santri (KTS) dan Kartu Tanda Murid (KTM). Ini salah satu wujud komitmen layanan di Kantor Sekretariat Pondok Pesantren Sidogiri untuk terus melakukan peningkatan layanan di segala lini.

Untuk penerbitan KTS dan KTM misalnya, Sekretaris II (Bagian Data dan Personalia) yang menangnani penerbitan ID Card di Pondok Pesantren Sidogiri memberi jaminan paling lambat 1×24 jam ID card sudah selesai dikerjakan. “Sebelumnya untuk penerbitan KTS saja butuh waktu lima hari bahkan sampai seminggu. Sekarang Cuma sehari!” Ujar Yazid Busthomi, Staf Sekretaris II.

Proses penerbitan id card bisa dipercepat berkat adanya alat baru printer kartu yang mampu mencetak kartu 120 kartu/jam, selain itu proses penerbitan juga dibantu dengan sistem informasi yang sudah terintegrasi dengan database Pondok Pesantren Sidogiri dengan begitu santri dan murid yang ingin membuat kartu baru atau memperpanjang masa berlaku kartu tidak perlu lagi mengisi formulir pendaftaran, cukup dengan menyebutkan nomor induk santri/murid.

Selain menangani penerbitan KTS dan KTM, Sekretaris II juga bertanggung jawab terhadap semua penerbitan id card / kartu pengenal. Seperti Kartu Tanda Wali Santri, Kartu Tanda Pengurus, Kartu Tanda Guru dan Kartu Tanda Mahram bagi santri yang mempunyai mahram di pesantren Banat (pesantren khusus putri).

Ke depannya, proses pengambilan foto dan tanda tangan id card akan terus ditingkatkan agar bisa lebih cepat, salah satunya dengan menerapkan capturing foto yang terkomputerisasi serta menggunakan digital signature untuk merekam tanda tangan dan sidik jari sebagaimana yang telah diterapkan dalam teknik pengambilan data di e-KTP.

Reporter: @AKKADiqbal

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *