Nifas Lantaran Operasi Ceasar

share to

operasi-caesarPertanyaan

Assalamu’alaikum
mohon penjelasannya tentang darah nifas untuk perempuan yang habis melahirkan melalui operasi caesar, kategorinya apa saja? dan berapa lamakah masanya?
wassalam

Heru

Jawaban:

Wa alaikum salam wa rahmatullah. Saudara Heru yang dimuliakan Allah Swt, perlu diketahui operasi Caesar hanya boleh dilakukan di saat kondisi darurat. Selanjutnya, bila pendarahan setelah melahirkan keluar dari rahim sang ibu, tentu hal ini bisa disebut dengan darah nifas layaknya persalinan normal dimana masa lumrahnya adalah empat puluh hari dan maksimal sampai enam puluh hari. Namun jika tidak keluar dari rahim, jelas tidak dapat dikategorikan dengan sebagai nifas melainkan darah luka biasa karena secara definitif nifas adalah darah yang keluar dari Rahim setelah melahirkan. Terlepas dari itu, melahirkan dengan cara oprasi Caesar tetap mewajibkan mandi seperti halnya persalinan normal.

Referensi:

  • Hâsyiyat al-Qulyûbi ‘alâ Kanzi ar-Râghibîn, I: 71
  • Al-Fiqhu ‘alâ al-Mazhâb al-Arba’ah, I: 115
  • Hawâsyi asy-Syarwâni ‘alâ Tuhfat al-Muhtâh, I: 420

share to

Redaksi : Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca. Kirim tulisan Anda ke email: redaksi@sidogiri.net. Pemasangan iklan silakan hubungi kami di email: iklan@sidogiri.net

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *